News

Apple Resmi Akuisisi Startup Teknologi Kesehatan, Gliimpse

[Gambar: techcrunch.com]
Untuk meningkatkan fitur-fitur kesehatan yang ada pada perangkatnya, Apple ternyata diam-diam mengakuisisi sebuah startup medis asal Silicon Valley yang bernama Gliimpse.

Startup yang baru berusia 3 tahun ini menawarkan sebuah platform bagi individu untuk merangkum seluruh riwayat kesehatan pribadi seseorang dalam berbagai format—mulai dari hasil laboratorium, resep obat, hingga jurnal harian—ke dalam sebuah data laporan yang dapat dibagikan. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan dokumen dan foto pada profilnya masing-masing. Dengan begini, pengguna bisa dengan mudah mengakses riwayat kesehatannya.

Startup ini didirikan oleh Anil Sethi, yang sebelumnya bekerja sebagai system engineer di Apple pada tahun 80-an. Sebelumnya, dia juga telah membuahkan beberapa startup medis yang pada akhirnya diakuisisi oleh Citrix System dan WebMD. Menurut Sethi, ia terinspirasi untuk membangun startup ini karena ia kecewa dengan sistem riwayat kesehatan yang ada pada saat ini. Ia menyatakan bahwa sebagai konsumen layanan kesehatan, ia mengalami kesulitan ketika akan mengakses laporan riwayat kesehatannya sendiri.

Alasan yang melatarbelakangi didirikannya Gliimpse ini sejalan dengan visi Apple yang bertekad untuk mempermudah setiap individu (dan ahli medis) untuk mengakses riwayat kesehatan pribadi seseorang melalui aplikasi semacam HealthKit, ResearchKit, dan CareKit.

Menurut laporan, akuisisi ini sebenarnya sudah dilakukan sejak awal tahun ini. Meskipun masih belum ada konfirmasi resmi dari situs Gliimpse, Apple telah mengkonfirmasi akuisisi tersebut dan mengatakan: “Dari waktu ke waktu, Apple telah membeli perusahaan-perusahaan teknologi yang lebih kecil, dan pada umumnya kami tidak mendiskusikan tujuan atau rencana kami.”

Sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana Apple terhadap akuisisi ini. Yang jelas, Apple memang sudah lama terjun ke bidang medis dan mengembangkan teknologi yang dapat mendukung bidang tersebut.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID