News

Apple Ungkapkan Rencananya Untuk Berinvestasi Lebih Banyak di Tiongkok

[Foto: wsj.com]
CEO Apple, Tim Cook dilaporkan menemui pejabat senior Tiongkok dan berencana akan meningkatkan investasinya di Tiongkok, termasuk mendirikan pusat penelitian Apple yang pertama di negara tersebut. Berdasarkan laporan reporter CCTV, Tim Cook menemui VP Tiongkok, Zhang Gaoli, untuk memberitahukan rencananya untuk membuka Pusat Penelitian dan Pengembangan Apple yang pertama di negara tersebut.

Pusat penelitian yang akan dibuka pada akhir tahun ini cenderung fokus untuk mengembangkan produk dan layanan baru, serta memperkuat hubungan dengan partner lokal dan universitas. Seorang juru bicara Apple mengatakan, “Kami berharap dapat memperluas operasi kami di Tiongkok dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan kami yang baru sambil mengembangkan tim kami yang berbakat di sini.”

Masih belum jelas di mana dan kapan Pusat Penelitian dan Pengembangan ini akan didirikan. Belum ada informasi juga mengenai biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan gedung baru ini. Yang jelas, Apple mengambil langkah ini agar perusahaannya dapat menjalin hubungan baik dengan Tiongkok. Pada awal tahun ini saja, Apple dilaporkan telah menyuntikkan dana sebesar $1 milyar pada layanan ride-hailing asal Tiongkok, Didi Chuxing. Menurut Cook, investasi ini dilakukan “untuk sejumlah alasan strategis, termasuk kesempatan untuk mempelajari lebih banyak tentang segmen pasar tertentu di Tiongkok.”

Langkah ini diambil oleh Apple menyusul serangkaian hambatan yang dihadapi perusahaan tersebut di Tiongkok. Hal ini termasuk ditutupnya layanan iTunes movies dan iBookstore oleh pemerintah Tiongkok dan menurunnya angka penjualan iPhone. Terlebih lagi dengan banyaknya pesaing yang menawarkan produk-produk dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Meskipun begitu, sepertinya tidak ada tanda-tanda bahwa Apple akan mengurangi aktivitasnya di pasar Tiongkok. “Kami tetap optimis dengan peluang jangka panjang di Tiongkok dan kami akan terus berinvestasi di sana,” ujar Cook dalam sebuah pertemuan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID