News

April Mop Google “Memakan Korban”

[Gambar: memecenter.com]
Seperti kami tuliskan sebelumnya, salah satu keisengan Google di April Mop 2016 ini adalah fitur “Mic Drop” di GMail. Konsepnya sebenarnya cukup menghibur, tetapi karena email merupakan salah satu alat komunikasi yang krusial di jaman sekarang, lelucon ini memberi konsekuensi serius bagi beberapa orang.

Seorang pengguna di Forum Google menyatakan bahwa dia tanpa sengaja memencet tombol “Mic Drop” ketika mengirimkan email untuk wawancara kerja. Ya tentu saja jangan berharap ada balasan dari email tersebut. Kecuali jika pewawancaranya memang punya selera humor cukup tinggi dan tidak punya pilihan kandidat lain untuk lowongan ini.

Lalu ada juga yang mengaku bahwa dia kehilangan pekerjaan gara-gara “Mic Drop” ini. Penulis profesional ini mengirimkan artikel yang dia buat kepada atasannya. Ada beberapa bagian yang perlu dikoreksi dari tulisan itu. Atasannya ternyata sangat tersinggung dengan email penulis ini. Tentunya atasannya tidak sadar kalau ini adalah lelucon April Mop dari Google.

Selain karena kecerobohan pengguna yang tidak menyadari fitur Mic Drop ini, Google sendiri sebenarnya tidak bisa bilang tidak bersalah. Fitur lucu-lucan ini ternyata memiliki bug. Salah seorang tim dari ArsTechnica mencoba mengirimkan email tanpa mengisi email tujuan dengan menggunakan tombol “Mic Drop” ini. Tentu saja gagal karena alamat tujuan masih kosong. Tetapi ketika dia sudah mengisi alamat email tujuan dan memencet tombol “Send” yang benar -bukan “Mic Drop”, tetap saja yang terkirimkan adalah versi “Mic Drop”.

Tapi kita juga tidak tahu, siapa tahu yang mengaku-aku dipecat dan salah kirim email tadi juga sedang melakukan lelucon April Mop toh?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID