Review

Arsipkan Semua Foto-Foto Lama Anda dengan Aplikasi dari Google Ini, PhotoScan

[Gambar: blog.google.com]
Apa sih yang biasanya Anda lakukan terhadap foto-foto jadul Anda dan keluarga? Mungkin Anda menyimpannya di dalam album foto, memasukkannya ke dalam figura, atau bahkan membiarkannya berdebu di pojok kamar Anda. Daripada menunggu waktu menggerogoti foto-foto tersebut, Ada baiknya jika mulai dari sekarang Anda mengabadikan foto-foto tersebut dan menyimpannya pada arsip digital Anda. Tidak punya scanner? Tidak masalah. Google kini telah meluncurkan aplikasi PhotoScan yang akan mempermudah Anda untuk memindai foto apapun secara gratis. Aplikasi ini sudah tersedia bagi perangkat Android dan iOS.

Ketika pertama kali membuka aplikasi PhotoScan Anda bisa langsung memotret foto yang Anda inginkan. Foto yang Anda potret harus berada di dalam kotak yang terpampang dalam layar aplikasi. Pengaturan lampu blitz akan nyala dengan sendirinya untuk memastikan Anda mendapatkan potret yang jernih dan terang. Setelahnya, akan muncul empat buah lingkaran putih pada empat sudut foto. Anda harus menggerakkan ponsel Anda ke arah lingkaran tersebut hingga lingkaran tersebut berubah warna menjadi biru. Ingat, jangan mendongakkan ponsel Anda saat melakukannya karena pada proses tersebut, aplikasi ini tengah memotret 4 titik yang berbeda pada foto. Hal ini nampaknya dilakukan guna menghindari glare pada hasil foto. Setelah menyelesaikan semua proses, aplikasi tersebut secara otomatis akan menampilkan hasil foto akhir.

Saya sendiri sudah mencoba aplikasi ini, dan saya akui performanya sangat baik, bahkan dalam keadaan low-light sekalipun. Menggunakan aplikasi ini juga lebih praktis daripada menggunakan scanner konvensional. Interface-nya juga sangat sederhana dan mudah diikuti. Karena PhotoScan secara otomatis memotong, mengatur cahaya maupun kontras foto, saya tidak perlu terlalu banyak mengotak-ngatik hasil scan tersebut. Saya juga bisa menggunakannya untuk memindai KTP dan kartu-kartu penting lainnya. Sangat berguna, terutama di saat Anda sedang buru-buru atau tidak ingin pergi ke fotokopian hanya untuk nge-scan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID