Home  »  News   »  
News

AS Pertimbangkan Larangan Membawa Laptop di Semua Penerbangan Internasional

[Foto: Shutterstock]
Setelah beberapa lama memberlakukan larangan laptop pada beberapa penerbangan internasional, administrasi pemerintahan Trump nampaknya akan memperluas larangan laptop, hingga mencakup semua penerbangan internasional ke dan dari Amerika Serikat (AS), menurut kepala Badan Keamanan Dalam Negeri AS (Homeland Security) pekan ini.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Sunday, Sekretaris Homeland Security John Kelly mengatakan bahwa maskapai penerbangan menghadapi “ancaman canggih” dari para teroris yang berusaha menjatuhkan penerbangan yang terikat dengan negara AS, meskipun dia mencatat bahwa keputusan akhir untuk memperluas larangan tersebut belum dilakukan.

“Hal itu benar-benar menjadi obsesi para teroris: gagasan untuk menjatuhkan pesawat terbang, terutama jika itu adalah pesawat AS, terutama jika pesawat itu penuh dengan kebanyakan orang Amerika Serikat,” kata Kelly pada hari Minggu, 28 Mei lalu.


Larangan barang elektronik saat ini, yang diterapkan pada bulan Maret, berlaku untuk penerbangan ke AS dari delapan negara mayoritas Muslim. Tindakan tersebut melarang penumpang membawa perangkat yang “lebih besar dari smartphone” sebagai barang bawaan, dan diimplementasikan, kata pejabat AS, untuk menggagalkan plot teroris untuk turun dari pesawat dengan bom yang lebih kecil. Inggris telah mengeluarkan larangan serupa yang mencakup penerbangan dari enam negara.

Pejabat Amerika baru-baru ini bertemu dengan para pemimpin Eropa untuk membahas perluasan pembatasan perjalanan ke penerbangan antara AS dan Uni Eropa. Ekspansi yang diusulkan telah dirundingkan di Brussels, meskipun para pejabat mengatakan ada beberapa “tindakan lain” yang masih dipertimbangkan. Pekan lalu, Politico melaporkan bahwa maskapai AS bersiap untuk perluasan larangan terbang ke Eropa dan kemungkinan wilayah lain.

Ekspansi yang diusulkan ke Eropa telah mendapat kritik dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), yang mengatakan pekan lalu bahwa tindakan tersebut akan menelan biaya tambahan USD 1,1 miliar per tahun. Direktur Jenderal IATA Alexandre de Juniac baru-baru ini meminta pejabat untuk mempertimbangkan “tindakan alternatif,” termasuk alat deteksi bom yang lebih baik.

Kelly mengakui bahwa AS akan mengandalkan teknologi terbaru untuk memperbaiki skrining elektronik. Seperti Bloomberg melaporkan pekan lalu, setidaknya empat perusahaan yang memproduksi mesin skrining sedang mengerjakan pemindai yang lebih canggih untuk mendeteksi bahan peledak. Jika pemindai mulai digunakan, perusahaan mengatakan, penumpang akan dapat meninggalkan barang elektronik dan cairan di tas mereka selama proses penyaringan imigrasi.