News

ASUS Luncurkan Robot Asisten Rumah Tangga, Zenbo

[Foto: Slashgear.com]
[Foto: Slashgear.com]
Selain meluncurkan Smartphone dan Laptop, pada konferensi teknologi Komputex tahunan di Taipei yang diadakan baru-baru ini, Asus juga meluncurkan Zenbo, robot lucu yang dirancang untuk melayani, menghibur, dan menemani tuannya.

Seperti yang dilansir Engadget dan Indian Express, robot seharga $599 ini memiliki fitur menarik yaitu bisa terhubung dengan perangkat rumah pintar Anda. Dengan Zenbo, Anda bisa mengecek tamu yang sedang berada di depan pintu rumah Anda melalui kamera yang terhubung dengan wajah (layar) Zenbo, dan Anda bisa langsung membuka pintu tersebut hanya dengan suara perintah sederhana. Selain bisa terhubung dengan perangkat rumah pintar, Zenbo juga bisa terhubung dengan perangkat tradisional seperti TV, Lampu, dan AC.

Robot yang memiliki roda tiga ini bisa bergerak secara mandiri dan bisa disuruh berbelok-belok melalui suara perintah. Wajah Zenbo juga bisa berfungsi sebagai layar sentuh yang bisa digunakan untuk video call, belanja online atau memutar konten video.

Zenbo juga bisa mengerti bahasa lisan dan bisa melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti sebagai asisten kesehatan untuk anggota keluarga yang sudah lanjut usia. Seperti seorang asisten betulan, Zenbo akan berbicara langsung pada ‘majikannya’, dan mengingatkan mereka jika ada janji dengan dokter, jadwal olahraga, atau jadwal meditasi.

Tak hanya itu saja, Zenbo juga bisa berfungsi sebagai satpam dan memberitahukan anggota keluarga tertentu lewat telepon jika ada orang asing yang berusaha menyusup ke rumah. Robot ini juga bisa mengirim pesan darurat jika ada salah satu anggota keluarga yang dalam keadaan bahaya seperti terjatuh dan sebagainya.

Selain melayani orang dewasa, Zenbo juga menjadi teman untuk anak-anak mengingat Zenbo bisa menyanyi, menari dan membaca cerita. Bahkan robot ini bisa juga menjadi tutor yang mengajari banyak hal.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID