News

AT&T Mengakuisisi Warner Bros, HBO, dan CNN

[Gambar: washingtontimes | washingtontimes.com]
Perusahaan telepon raksasa AT&T kabarnya tengah mengakuisisi Time Warner, yang merupakan pemilik Warner Bros, HBO dan CNN. Pasalnya, AT & T rela merogoh kocek sebesar $ 80 milyar atau bahkan lebih demi Time Warner. Pembelian AT & T terhadap Time Warner dengan seharga $ 85,4 milyar ini merupakan sinergi antara dua perusahaan yang mendistribusikan informasi dan hiburan kepada pihak konsumen dan produsen.

Akuisisi AT & T ini menggabungkan raksasa telekomunikasi yang memiliki bisnis ponsel terkemuka, DirecTV dan layanan internet serta perusahaan raksasa di balik HBO, CNN, dan beberapa hiburan yang populer di dunia, termasuk “Game of Thrones,” dan franchise “Harry Potter” dan tayangan basket profesional. Akuisisi perusahaan media besar oleh perusahaan telepon raksasa ini bertujuan untuk menopang bisnis internet, sama halnya dengan pembelian Comcast atas NBC Universal pada tahun 2011 silam.

CEO AT & T Randall Stephenson mengatakan bahwa dengan menggabungkan dua perusahaan ini, AT & T mungkin akan menawarkan layanan yang lebih unik, terutama pada produk ponsel. Sedangkan Jeff Bewkes, CEO Time Warner yang masih menetap  di perusahaannya  selama masa transisi dalam waktu yang masih belum dapat ditentukan, menambahkan bahwa banyaknya uang yang masuk tentu akan membantu dana untuk produksi program tambahan dan film.

Kedua CEO yang bersangkutan beranggapan bahwa akan lebih mudah untuk “berinovasi” ketika dua perusahaan mereka bergabung. Karena dengan perusahaan gabungan ini, mereka dapat cenderung berfokus lebih pada layanan yang didasarkan pada minat konsumen.

Analis Penelitian New Street, Jonathan Chaplin mengatakan bahwa pembelian Time Warner mungkin adalah “langkah perlawanan yang baik” untuk menyaingi akuisisi oleh Comcast beberapa waktu silam. Pasalnya, Comcast telah membeli studio film DreamWorks Animation pada bulan Agustus silam.

Craig Moffett dari perusahaan riset MoffettNathanson, mengatakan bahwa ” Time Warner akan terus mempertahankan HBO yang hanya diperuntukan eksklusif bagi pelanggan DirecTV, atau hanya membuat TNT atau TBS yang tersedia melalui AT & T Wireless”.

Para investor berpikir bahwa akuisisi $ 85 milyar yang dilakukan oleh AT & T untuk membeli Time Warner ini melibatkan jumlah uang yang banyaknya hampir 40 persen lebih dari keuntungan AT & T.

Amy Yong dari Macquarie Capital mengatakan bahwa banyak penawaran media yang terjadi sejak beberapa waktu silam, terutama akuisisi Time Warner oleh AOL pada tahun 2001. “Jika Anda melihat sejarah, penawaran AT & T yang besar ini tak masuk akal,” kata Yong. Menurutnya, AT & T membayar “harga yang terlampau besar.”

Namun, Yong mengatakan bahwa AT & T dan perusahaan telepon lainnya memang harus cepat bertindak karena ancaman bagi bisnis mereka tampaknya akan berdatang. “Pada akhirnya, perusahaan-perusahaan ini mencoba untuk bersaing dengan Google dan Facebook dan Amazon, bukan hanya sebagai pesaing tradisional,” katanya.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID