Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Bagaimana Mencegah Layar Komputer Menghancurkan Mata Anda

[Foto: Shutterstock/Mr.Cheangchai Noojuntuk]
Ibu (atau nenek Anda) Mungkin benar. “Jangan duduk terlalu dekat dengan televisi atau Anda akan menjadi buta!” Apakah orang tua Anda memberi tahu Anda tentang dampak buruk menonton televisi terlalu banyak? Apakah Anda tahu bahwa mata Anda akan iritasi karena duduk terlalu dekat dengan komputer?

Peringatan ini mungkin berasal era ketika televisi baru dipasarkan, dengan radiasi kuat yang dipancarkan. Radiasi kini tak lagi menjadi risiko, tapi kita duduk di depan layar video game, tablet dan layar komputer, dan pengelihatan yang rusak ternyata bukan hanya isapan jempol semata. Mata Anda mungkin tidak but, tapi duduk terlalu dekat dengan komputer Anda dapat membuat mata tegang dan menimbulkan efek buruk pada penglihatan Anda.

Sebagian dari kita merupakan pengguna komputer harian, bahkan hingga berjam-jam setiap hari. Hasilnya? Mata kita menjadi tegang. Mata kita tidak dirancang untuk menatap layar datar berjam-jam. Akibatnya, mata harus bekerja lembur untuk menjaga penglihatan agar tetap fokus.

Seperti otot lain di tubuh kita saat mereka lelah, otot mata yang tegang menghasilkan penglihatan buram, sakit kepala dan kelelahan—bahkan mungkin kepala Anda terasa seperti dihantam palu godam.

Baca Juga:  Trik Mudah Memperbaiki Headphone yang Tidak Nyala

Otot di dalam mata Anda sangat mirip lensa pada kamera. Mereka mengubah bentuk dan ukuran mata Anda saat Anda berfokus pada objek. Tapi ketika Anda melihat benda-benda dari dekat, seperti layar komputer, untuk jangka waktu yang lama, otot mata menjadi stres.

Mungkin pekerjaan Anda membutuhkan berjam-jam di depan komputer. Mungkin Anda suka menghabiskan waktu luang Anda untuk menjelajah internet. Apapun alasannya, tubuh Anda mungkin merasakan efek menghabiskan terlalu banyak waktu untuk login—mata lelah, sakit kepala, sakit leher, dan sebagainya. Hal ini sekarang diidentifikasi sebagai Computer Vision Syndrome!

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah kondisi sementara akibat memfokuskan mata pada tampilan komputer untuk jangka waktu yang diperpanjang dan tidak terputus. Beberapa gejala CVS meliputi:

Sakit kepala

Penglihatan kabur

Sakit leher

Kelelahan

Mata tegang

Mata kering

Mata merah karena iritasi

Penglihatan ganda

Kesulitan memfokuskan kembali mata.


[Foto: Vision Council]

Bagaimana mengatasi mata sakit karena penggunaan komputer

Langkah pertama adalah mengakui bahwa Anda memiliki masalah. Dari situ, para ahli merekomendasikan beberapa cara mudah untuk melindungi mata Anda selama menggunakan komputer:

Baca Juga:  Cara Menghapus Opsi ''Edit with Photos'' pada Menu Konteks

Bersihkan layar komputer/smartphone

Kurangi silau dengan membersihkan layar Anda, dan pastikan komputer adalah benda yang paling terang bercahaya di ruangan itu. Cobalah untuk tidak menggunakan smartphone Anda di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, latar belakang abu-abu lebih mudah bagi mata dibandingkan putih.

Jaga jarak ke layar

Duduklah jauh dari layar komputer Anda. Mereka merekomendasikan “tes tos.” jika Anda tidak bisa benar “melakukan tos” dengan layar komputer Anda (dengan lengan terjulur penuh), artinya Anda duduk terlalu dekat. Layar tidak boleh dimiringkan, dan harus diposisikan tepat di bawah garis mata.

Jangan lupa berkedip

Jangan lupa berkedip. Setiap 20 menit, beri waktu 20 detik untuk melihat hal lain selain layar komputer atau smartphone Anda. Kalau bisa, lihatlah pepohonan berwarna hijau.

Gunakan obat tetes mata.

Menggunakan tetes mata atau air mata buatan bisa membantu melembabkan mata kering, yang bisa meredakan sakit mata. Anda bisa menggunakan garam biasa (air garam yang sesuai dengan garam dalam air mata) atau obat tetes mata. Ikuti petunjuk dari pabriknya.

Baca Juga:  Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun Apple ID Diblokir oleh Apple

Jangan menjadi tergantung pada obat tetes mata. Jika Anda sering menggunakan obat tetes mata, pastikan mereka tidak mengandung obat atau pengawet di dalamnya. Terlalu banyak menggunakan obat tetes obat mata justru bisa memperparah masalah mata.

Gunakan kompres hangat

Menggunakan kompres hangat dapat membantu mengendurkan otot di sekitar mata Anda, yang dapat mengurangi ketegangan mata dan perasaan gelisah yang dirasakan mata lelah. Anda bisa menggunakan kehangatan kering atau lembab, tergantung pada apa yang terbaik bagi Anda. Jika Anda memakai kacamata atau kontak, lepaskan sebelum menggunakan kompres. Basahi waslap dengan air hangat, lalu kompreskan di mata Anda.

Gunakan kacamata anti sinar biru

Pertimbangkan untuk membeli sepasang kacamata yang dibuat khusus untuk penggunaan komputer.