Tips & Guide

Bagaimana Saya Memperoleh Subscriber di FanPage Dalam Seminggu

[Gambar: gresslaundry.com]
Kemarin, saya telah memperoleh subscriber pertama di Facebook page brand saya hanya dalam waktu kurang dari seminggu sejak saya membuat Facebook Page untuk tujuan ini. Dengan ini, saya telah membuktikan bahwa eksperimen saya berhasil.

Begini ceritanya. Pada hari Rabu lalu, saya berencana untuk membuat sebuah Facebook Page untuk sebuah brand baru. Proyek mandiri ini hanyalah sebuah eksperimen untuk membuktikan pada diri saya sendiri bahwa sebenarnya sebuah brand itu tidak membutuhkan halaman web dan juga media sosial lain selain Facebook untuk bisa sukses. Cukup dengan memusatkan semua strategi pada Facebook, konten yang akan ditampilkan, dan sedikit investasi, saya ingin membuktikan kebenaran teori ini. Saya percaya pada 1,6 Milyar pengguna setia Facebook yang aktif dan pengguna Malaysia yang termasuk ke dalam negara dengan jumlah pengguna Facebook tertinggi. Oleh karena itu, tidak ada platform lain selain Facebook yang lebih sesuai untuk membangun brand.

Strategi Kertas. Saya mulai dengan menulis di atas kertas A4 mengenai percobaan ini. Apa yang akan saya buktikan, dan bagaimana caranya mencapai tujuan dengan cepat dan berkelanjutan. Saya mulai menjelajahi beberapa situs web dan Facebook brand-brand terkenal. Saya pun lalu mempelajari apa yang mereka lakukan untuk membuat branding yang sangat menarik. Kemudian saya mulai membuat mind map dengan nama brand, logo dan warna yang sesuai dengan ide keseluruhan, dan pesan yang saya akan sampaikan kepada pasar melalui brand ini. Setelah itu, saya tutup kertas tersebut dan beristirahat. Saya mencoba membayangkan posisi saya sebagai pelanggan dan bertanya, “Jika saya melihat Facebook Page ini, apa yang akan membuat saya menyukai dan membeli produk atau layanan yang mereka berikan?” Jawabannya mudah sekali, sediakan apa yang mereka perlukan dan pastikan halaman tersebut menarik dan dapat dipercaya!

Membuat Facebook Page. Pada hari berikutnya, setelah 24 jam merencanakan dalam kertas, akhirnya draf pertama strategi saya siap dan sore itu juga saya membuat Facebook Page terbaru dengan merek Conper. Conper adalah singkatan dari Content Developer. Brand Conper dibuat dengan hati-hati agar terlihat sangat profesional seperti halnya perusahaan dari luar negeri. Dengan logo, warna perusahaan, slogan perusahaan, dan konten yang ada semuanya dibuat rapi agar terlihat menarik dan meyakinkan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari pasar, itu saja.

Penyedia konten. Saya pastikan saya tidak menjual, tetapi akan membuat mereka membeli. Jadi apabila Facebook Page ini telah siap dibangun, saya akan mulai membuat konten yang sesuai untuk diunggah. Saya mempersiapkan beberapa poster yang menarik, video-video yang sesuai, animasi pendek dengan pesan dan juga beberapa infografik kreatif. Ada sepuluh konten yang akan dibangun dan diunggah sedikit demi sedikit ke dalam Facebook Page tadi. Jika sudah selesai dengan konten yang pertama, maka saya siapkan pula sedikit konten lanjutan yang akan ditampilkan pada minggu depannya. Saya tahu otak manusia menerima informasi visual lebih baik daripada tulisan. Maka, semua konten yang saya tampilkan berbentuk visual.

Mendapatkan banyak LIKE dengan cepat dan gratis. Dalam waktu yang sama, Facebook Page Conper saya ini baru mempunyai 1 like, dan itu pun saya sendiri. Untuk meningkatkan LIKE dengan cepat dan gratis, saya meminta tolong pada sepuluh teman Facebook saya yang mempunyai lebih dari 2000 pertemanan setiap orangnya. Saya bertukar dengan mereka, bagi mereka yang mengirim undangan LIKE ke semua teman-temannya, saya akan memberikan satu poster online atau infografik gratis. Dalam waktu yang tidak sampai 48 jam, jumlah LIKE di Facebook Page saya bertambah menjadi 150 dan terus meningkat sampai sekarang.

Iklan di Facebook. Tanpa iklan melalui tombol boost post, apa yang ditampilkan dalam Facebook Page hanya akan dilihat oleh 7 persen orang yang menekan tombol LIKE. Ini tidaklah cukup, jadi saya membuat sedikit investasi setiap hari untuk boost satu postingan setiap hari untuk mendapatkan jangkauan yang luas.

Walaupun ini hanyalah sebuah eksperimen, saya yakin Anda juga pasti dapat melakukannya!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID