News

Bagi Anak, Bermain iPad Sebelum Operasi Sama Ampuhnya dengan Menggunakan Obat Penenang

[Ilustrasi: Jim Bauer | lens-cap – flicker.com]
Seperti yang kita ketahui, operasi medis adalah hal yang sangat menakutkan bagi anak. Dikelilingi dengan orang tak dikenal yang bermasker, menghadapi jarum suntik dan pisau bedah … bisa dikatakan ini merupakan mimpi buruk bagi tiap anak-anak. Namun, siapa sangka bahwa bagi anak-anak, memainkan iPad sebelum melalui operasi rupanya sama ampuhnya dengan obat penenang?

Berdasarkan riset yang dilakukan di Perancis terhadap 50 anak berusia 4-10 tahun, tingkat kegelisahan anak pada saat operasi dapat berkurang dengan memainkan iPad sebelum obat bius bekerja. Dalam riset ini, para peneliti memberikan game iPad (seperti Angry Bird atau Monster Dash) atau memberikan obat penenang Midazolam pada anak-anak tersebut. Lalu, mereka pun akan merekam tingkat kegelisahan anak-anak dan juga orangtuanya, sebelum dan sesudah operasi berlangsung. Dalam studi ini, dua orang psikolog akan mengukur tingkat kegelisahan pasien pada beberapa titik penting, seperti: saat mereka baru tiba di rumah sakit; saat berada di ruang operasi dan terpisah dari orangtua mereka; dan saat mereka berada di unit perawatan pasca anastesi.

Hasilnya cukup mencengangkan. Dr Dominique Chassard sebagai salah satu peneliti dalam riset tersebut menjelaskan, “Hasil studi kami menunjukkan bahwa tingkat kegelisahan anak dan orangtua pada saat sebelum anestesi sama-sama dapat dikurangi dengan [menggunakan] midazolam atau dengan penggunaan iPad. Namun, kualitas induksi anestesi serta tingkat kepuasan orangtua jauh lebih baik pada kelompok [yang menggunakan] iPad.”

Para peneliti juga mengimplikasikan bahwa menggunakan tablet elektronik bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi stress  pada pasien dalam periode pra-operasi tanpa harus menggunakan obat-obatan. Studi ini sudah dipresentasikan pada Kongres Anstesiologi Dunia di Hong Kong, dan rencananya makalahnya sendiri akan dipublikasikan pada akhir tahun ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID