News

Baju Super yang Mengubah Peluru Jadi Butiran Debu Bisa Segera Menjadi Kenyataan

[Foto Ilustrasi: ncsu.edu]
Di film-film superhero kita sering melihat baju anti peluru yang digunakan sang pahlawan. Kebanyakan divisualisasikan dengan pelurunya terpantul. Hasil penelitian ini lebih keren. Pelurunya tidak lagi terpantul, tapi pecah menjadi butiran debu -tanpa lagu.

Dalam penelitian ini, tim peneliti dari NC State berhasil membuat bahan metal composite foam yang mampu membuat butir peluru pecah menjadi butiran debu saat mengenai bahan ini. Percobaan ini direkam dalam sebuah video yang diunggah ke akun resmi NC State pada 5 April lalu.

Dengan kemampuan seperti ini, hasil penelitian yang dipimpin oleh Prof. Afsaneh Rabiei ini kemungkinan besar dapat dikembangkan menjadi baju anti peluru ataupun kendaraan anti peluru. Afsaneh merupakan seorang profesor aerospace engineering di NC State, universitas yang berlokasi di daerah North Carolina, Amerika Serikat.

Dalam sebuah pengumuman, Afsaneh menyatakan bahan yang tebalnya tidak sampai 1 inchi ini mampu menghentikan peluru dengan pergeseran bahan hanya 8 milimiter di bagian belakang. Ini sudah sangat layak untuk dijadikan bahan baju anti peluru, karena NIJ (National Institure of Justice) menyatakan standar minimalnya adalah 44 milimeter.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID