Tips & Guide

Banyak Foto Sampah Dari WhatsApp? Tenang, Ini Cara Mudah Menghapusnya

[Sumber: techstory.in]
Saat ini pengguna smartphone di Indonesia sudah semakin bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini membuat aplikasi pesan instan mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk saling berkirim pesan. Salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan adalah WhatsApp, aplikasi pesan instan yang satu ini menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi pesan yang banyak diunduh oleh para pengguna smartphone.

Salah satu yang menjadi kekurangan dari aplikasi WhatsApp adalah setiap ada gambar yang terkirim ke dalam grup atau oleh orang lain, maka gambar tersebut akan diunduh secara otomatis. Padahal gambar tersebut belum tentu ingin disimpan, sehingga akan menambah sesak ruang penyimpanan smartphone.

Melihat masalah di atas tentu Anda ingin tahu bagaimana cara menghapus foto yang didapat dari WhatsApp. Masalah akan semakin rumit jika Anda tergabung ke dalam grup yang aktif saling mengirim gambar. Gambar yang dikirim akan membuat boros kuota dan juga akan menjadi sampah didalam smartphone Anda.

Tambahan masalah akan muncul di saat Anda sangat jarang membersihkan file yang ada di dalam smartphone. Gambar sampah yang berasal dari WhatsApp bisa saja mencapai jumlah ratusan dan akan memakan banyak sekali waktu jika dihapus secara manual.

Baca Juga:  Google Berikan 5 Tips Agar Berinternet Lebih Aman

Belum lagi jika Anda langsung menghapus folder media WhatsApp, maka akibatnya beberapa gambar yang penting akan ikut terhapus sekaligus.


Kali ini saya akan memberikan solusi bagaimana cara menghapus foto yang tidak penting didalam grup WhatsApp secara otomatis.

Langkah yang pertama, Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Siftr Magic Cleaner. Aplikasi ini sangat memungkinkan Anda untuk menghapus foto yang tidak penting secara otomatis. Anda perlu mengunduh aplikasi dan menginstal kedalam smartphone yang dimiliki sebelum menggunakannya.

Langkah kedua, apabila aplikasi sudah terinstal, maka Anda bisa memberi izin kepada aplikasi untuk mengakses galeri.

Langkah ketiga, klik agar mulai menganalisis, kemudian Anda perlu menunggu sebentar untuk mengetahui berapa jumlah foto yang dianggap spam oleh aplikasi.

Langkah keempat, Anda perlu memeriksa ulang foto yang telah dipilih oleh aplikasi, jika ada beberapa foto yang tidak ingin dihapus. Apabila sudah dipilih, maka Anda tinggal menekan hapus untuk menghilangkan foto sampah.

Cara di atas lebih mudah dilakukan untuk menghapus foto yang berasal dari grup WhatsApp jika dibandingkan harus menghapus foto secara manual. Dengan menghapus foto yang tidak penting, maka Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega untuk smartphone.

Baca Juga:  Inilah Sebab Mengapa Banyak Perangkat Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Dengan cara di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir saat masuk ke dalam grup WhatsApp yang aktif mengirim foto. Aplikasi di atas bisa dengan mudah mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Meskipun demikian, Anda tetap harus memeriksa ulang gambar yang dianggap spam oleh aplikasi. Bisa jadi gambar yang dipilih tersebut penting untuk Anda simpan dan bermanfaat.

Saya berharap informasi yang telah disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang khawatir dengan banyaknya foto sampah yang berasal dari grup WhatsApp.

Jika Anda memiliki cara lain yang bermanfaat selain cara di atas, maka jangan ragu untuk membagikannya kepada para pembaca agar semakin banyak orang yang tahu. Anda bisa mengirimkan informasi tambahan kepada saya melalui kontak yang ada.

Akhir kata, semoga tulisan yang telah dibahas di atas bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi.