News

Baru Jalan 7 Bulan, Facebook Tarik Aplikasi Notify dari Pasar

[Gambar: App Store]
[Gambar: App Store]
Facebook menutup aplikasi Notify, sebuah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan push notification (notifikasi) dari situs penyedia berita favorit Anda. Aplikasi yang baru diluncurkan 7 bulan lalu ini memiliki 70 partner yang menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan notifikasi headline news hari ini pada pengguna. Beberapa partnernya di antara lain adalah CNN, Bloomberg, dan Vox Media. Facebook sendiri mengumumkan penutupan Notify pada para penggunanya melalui notifikasi pada aplikasi tersebut.

Facebook menyatakan bahwa teknologi pada aplikasi Notify ini akan digunakan dalam produk lainnya, di antaranya: Messenger, di mana beberapa pihak media telah bereksperimen dengan menyampaikan berita melalui chatbots. “Sejak meluncurkan Notify, kami telah belajar banyak untuk memberikan notifikasi secara tepat waktu dan serelevan mungkin. Kami juga diberitahu oleh pengguna aplikasi ini bahwa Notify membantu mereka untuk selalu up-to-date dengan hal-hal yang mereka sukai sepanjang hari,” kata Facebook dalam sebuah pernyataan. “Dengan lebih dari 900 juta orang yang menggunakan Messenger setiap bulannya, kami pikir ada kesempatan besar bagi media untuk menjangkau lebih banyak orang agar tertarik dengan update langsung dari sumber berita favorit mereka.”

Saat pertama kali diluncurkan, aplikasi Notify mungkin saja hanyalah sebuah eksperimen untuk menguji cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan fitur notifikasi situs penyedia berita ke dalam produk lain. Karena sebenarnya tidak jelas juga mengapa konsumen mau mengunduh sebuah aplikasi mandiri untuk mengirimkan notifikasi pada mereka. Nampaknya, respon terhadap aplikasi ini juga relatif hambar, dan sedikit juga orang yang menggunakannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi eksperimen Facebook yang paling cepat ditutup.

Tapi tentu saja, pihak media membutuhkan saluran distribusi berita baru yang lebih besar. Jika Notify akhirnya bisa melahirkan sebuah era di mana berita bisa disampaikan melalui chatbots, bisa dibilang eksperimen Facebook ini tidak bisa diremehkan dan layak untuk diperhitungkan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID