News

Baterai Laptop Mati Saat di Perjalanan? Charge Dengan Ransel Tenaga Surya Ini

[Foto: kickstarter.com]
Suka hiking atau trekking? Jika ya, tentunya Anda mengerti betapa mengesalkannya jika barang-barang elektronik yang Anda bawa kehabisan baterai—belum lagi kalau perjalanan Anda masih panjang. Bukan hanya sulit, namun rasanya kecil sekali kemungkinan untuk menemukan charging station di alam terbuka. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa coba menggunakan ransel tenaga surya dari Voltaic, yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai pada barang elektronik Anda—di manapun Anda berada—selama ada sinar matahari.

Bahkan, baru-baru ini Voltaic meluncurkan kampanye Kickstarter yang bertujuan untuk mendanai Array Solar Backpack dan Offgrid Solar Backpack mereka yang terbaru. Kedua produk ini sudah dilengkapi dengan panel surya berkualitas premium dan baterai untuk menyimpan energi yang telah dihasilkan. Pengguna dapat mengisi baterai tersebut dengan cara konvensional atau dengan memanfaatkan tenaga surya melalui kabel charger yang sudah disediakan.

[Foto: kickstarter.com]
Voltaic mengklaim bahwa produk Array Solar Backpack ini sanggup mengisi baterai pada berbagai peralatan elektronik seperti smartphone, laptop, kamera DSLR, bahkan drone. Baterai yang disediakan oleh Voltaic sendiri memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 19.800mAh. Sementara itu, Offgrid Solar Backpack memiliki kapasitas baterai yang lebih rendah, yakni 4.000mAh. Artinya, ransel Offgrid ini lebih cocok digunakan untuk mengisi daya baterai pada smartphone, tablet, maupun kamera DSLR. Untuk mengisi penuh baterai dengan tenaga surya, waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 12 jam. Cukup untuk perjalanan setengah hari.

[Gambar: kickstarter.com]
Kedua ransel ini memiliki kantong-kantong khusus yang terpisah untuk mengisi daya baterai di dalam ransel tersebut. Ada dua varian warna yang ditawarkan: Charcoal atau Silver. Dalam segi ukuran, keduanya memiliki dimensi yang sama, yaitu 19 x 11 x 7 inch. Volume barang yang bisa ditampungnya juga sama-sama sebanyak 25L.

Tertarik ingin membelinya? Anda bisa mendapatkan Offgrid Solar Backpack dari harga $199 (setara Rp 2,59 juta), sementara itu Array Solar Backpack dibanderol dengan harga $379 (setara Rp 4,9 juta).

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID