Home  »  News   »  
News

Begini Cara Kerja Software Analisa Video CCTV yang Bakal Terpasang di Seantero Jakarta

[Foto: Pixabay.com]
Kalau Anda sudah membaca berita tentang rencana Pemerintah Kota DKI Jakarta untuk menempatkan kurang lebih 2.500 kamera pengawas keamanan (CCTV) di seluruh penjuru Jakarta, tentu Anda sudah tahu, kalau ribuan kamera CCTV tersebut bakal dipersenjatai dengan perangkat lunak (software) Hitachi Video Analytics (HVA) yang dirilis oleh perusahaan Hitachi Insight Group. Lalu seperti apa sih fungsi dan cara kerja software HVA tersebut?

HVA memiliki kemampuan untuk menganalisa video hasil rekaman kamera-kamera pengawas, sehingga para pengawas kemanan dan instansi-instansi terkait bisa mendapatkan pengetahuan sedini mungkin mengenai ancaman yang terjadi di dalam area pengawasan CCTV yang ada. Selain di kota-kota besar, perangkat lunak ini sangat tepat digunakan dalam sistem kamera CCTV di pusat-pusat perbelanjaan, kampus, bandara, pabrik, serta lingkungan lain dengan area luas, yang memiliki berbagai potensi ancaman.

Sebagai contoh, bila HVA digunakan di bandara, maka keamanan para pengguna bandara akan semakin terjamin. Dengan kemampuannya mendeteksi antrian, HVA bisa memperingatkan pihak bandara jika terjadi antrian panjang, sehingga mereka bisa mengatasinya dengan menambah staf atau fasilitas lainnya secara cepat. Hasilnya, para pengguna bandara yang notabene adalah penumpang pesawat terbang bisa melewati proses dengan lebih efisien di bagian pengambilan atau penyerahan bagasi, konter check in, atau konter imigrasi.

Selain di bandara, penggunaan HVA di kota-kota besar juga memberi banyak keuntungan. Pemerintah kota dapat menggunakan HVA untuk meningkatkan keamanan, efisiensi dan transparansi operasional, sambil menyajikan layanan publik yang lebih baik melalui berbagai metrik, seperti foot traffic yang dikombinasikan dengan analisis lalu lintas di area pusat kota yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti membantu bisnis lokal untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih cerdas untuk menentukan posisi toko, dan lain sebagainya.


HVA memiliki kemampuan untuk menganalisa dengan metode paling mutakhir, dan fitur-fitur untuk untuk keamanan video dan pemantauan kerumunan orang serta antrian secara seksama, sekaligus menyajikan data video dengan kualitas yang lebih baik untuk analisis dan membantu melindungi privasi. Hal-hal tersebut meliputi:

Detektor Obyek: Kebanyakan solusi untuk analisa video yang tersedia saat ini hanya menganalisa video melalui piksel-piksel atau menyediakan metodologi trip-wire sederhana yang dapat berujung pada high rates atau false-positives. Namun, teknologi detektor objek HVA mampu menyediakan rekonstruksi 4-D dari gambar video 2-D dengan menggunakan partikel, perspektif, kecepatan, jalur deviasi dan jarak tempuh untuk meningkatkan akurasi dan secara dramatis mengurangi jumlah insiden false-positive – bahkan dalam kasus di mana visibilitas sangat kurang karena cuaca yang buruk.

Analisa Berbasis Skenario: HVA bisa memastikan bahwa setiap modul analitik menggunakan sebuah algoritma khusus untuk memperbaiki performa dan ketepatan dalam lebih lagi mengurangi resiko insiden false-positive.

Perlindungan Terhadap Privasi: Banyak orang khawatir dengan privasi yang terganggu akibat adanya kamera CCTV, namun HVA menawarkan perlindungan identitas yang otomatis dan lebih baik. Fitur HVA Privacy Protector secara otomatis mendeteksi dan melindungi keseluruhan figur manusia. Terlebih lagi, ia mengikuti jejak dan mencatat seluruh akses menuju data video untuk membantu mendukung transparansi dan membantu memerangi penyalahgunaan. Fitur ini juga dapat menjadi krusial bagi organisasi seperti rumah sakit dan sekolah, di mana privasi pasien dan anak muda dinilai vital dan melindungi PII dalam data video dapat mengurangi resiko dan liabilitas.

Perbaikan Gambar Video: HVA bisa mengurangi gangguan dalam gambar seperti hujan dan salju, yang dapat berpengaruh negatif terhadap resolusi video, untuk menyajikan tampilan yang lebih jernih dan mendukung monitoring video dengan kualitas tinggi dan analisis yang lebih akurat.

Camera Health Monitor:  Menyediakan deteksi otomatis terhadap sabotase atau kerusakan kamera. Camera Health Monitor HVA akan mengirimkan peringatan apabila masalah muncul untuk memastikan data video yang amat berharga dapat dijaga secara aman dan awet.

HVA merupakan tambahan terbaru pada portofolio solusi “Hitachi’s Smart City and Public Safety” yang menjadi solusi bagi kota-kota serta lingkungan lainnya yang membutuhkan perlindungan keamanan.