News

Belanja Super Hemat Sambil Beramal di Festival Belanja Online 2016

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Aktivitas belanja selama ini lebih sering diasosiasikan dengan kaum perempuan, tapi ternyata, laki-laki juga banyak yang hobi belanja lho! Buat Anda yang doyan berbelanja, ada kabar baik nih. Beberapa riset yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan berbagai manfaat kesehatan terkait aktivitas belanja ini. Tentu saja, belanja di sini tak boleh sampai membuat kesehatan finansial terganggu ya.

Di antara berbagai manfaat belanja untuk kesehatan adalah, belanja bisa membantu Anda mendongkrak mood dan mengusir stres. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari MIT, Carnegie Mellon, dan Stanford, ketika Anda melihat barang yang ingin Anda beli, level dopamine pada otak meningkat. Peningkatan dopamine diasosiasikan dengan perilaku positif, kemampuan kognitif, suasana hati yang membaik, meningkatnya perhatian dan fokus, meningkatnya kemampuan mengingat, belajar, dan banyak lagi.

Nah, buat yang hobi belanja, ini adalah saat yang tepat untuk memuaskan hasrat sambil memenuhi kebutuhan, apalagi di tanggal-tanggal gajian seperti sekarang. Berita baiknya, sekarang Anda bisa belanja lebih hemat, karena ada Festival Belanja Online (FBO) yang diikuti oleh 75 e-commerce dan online travel agent (OTA) di Indonesia.

Seperti dilaporkan Liputan6 pada Jumat, 25 November 2016, festival diskon online ini dimeriahkan oleh berbagai toko online dari banyak kategori,  seperti marketplace, elektronik, kebutuhan ibu dan bayi, perabot dan furnitur, sayur dan bahan segar, fashion, dan travel.

FBO yang digelar mulai tanggal 25 hingga 30 November 2016 ini memanjakan pengguna Internet dengan diskon-diskon yang diberi oleh para e-commerce, juga diskon universal yang bisa didapat dengan memasukan kode kupon. Pengguna bisa berbelanja di berbagai e-commerce tersebut dengan menggunakan kode kupon FBOKUPON16 untuk mendapatkan diskon tambahan.

Selain diskon tersebut, FBO juga menawarkan promo lain, yakni flash sale dan shopping marathon. Setiap toko online peserti FBO menawarkan lima produk dengan harga sangat murah, dengan jumlah dan waktu pembelian terbatas. Diskonnya bisa mencapai 90 persen, dan bisa dibeli melalui situs web resmi FBO.

Menurut Ketua Panitia Festival Belanja Online 2016 Muhamad Arif, diskon yang ditawarkan memang memotong margin penjual, bukan diskon abal-abal. ”Kami menjamin bahwa ini benar-benar diskon, bukan harga yang sudah di mark up terlebih dahulu,” katanya.

Selain membangun awareness, tujuan dari FBO tahun ini, menurut Arif, masih pada peningkatan kunjungan pengguna (traffic). Dengan adanya festival ini, Arif mengharapkan adanya lonjakan traffic belanja online sebesar enam kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

“Setiap tahun, peserta maupun nilai transaksi belanja online di FBO selalu meningkat,” kata Arif pada gelaran konferensi pers di Intercontinental MidPlaza, Jakarta, Rabu, 23 November lalu. Tahun ini target traffic belanja online setidaknya tiga sampai enam kali lipat dari hari biasa.”

Selain itu, FBO juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa belanja online adalah sebuah alternatif yang aman dan nyaman. Arif menambahkan, “Salah satu tujuan diadakannya FBO juga untuk mengajak para pegiat e-commerce Indonesia untuk mengedukasi masyarakat luas bahwa belanja online itu mudah, aman dan nyaman.”

FBO tahun ini juga agak berbeda, karena selain penawaran diskon dan promo, online shopper juga bisa berbelanja sambil beramal. Penyelenggara telah bekerjasama dengan platform urun dana (crowdfunding) KitaBisa. Sebagian hasil transaksi di FBO dan uang operasional akan disumbangkan melalui KitaBisa untuk pihak yang membutuhkan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID