Home  »  News   »  
News

Belum Ikutan LINE Creativate? Sekarang Waktunya Mendaftar!

(ki-ka) Anggoro Ihank (Webtoonist), Ari Juliano Gema (Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi BEKRAF RI), dan Dhyoti R. Basuki (PR Director LINE Indonesia) berfoto bersama peserta Roadshow LINE Creativate
(ki-ka) Anggoro Ihank (Webtoonist), Ari Juliano Gema (Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi BEKRAF RI), dan Dhyoti R. Basuki (PR Director LINE Indonesia) berfoto bersama peserta Roadshow LINE Creativate. [Foto: LINE]
Memasuki tahun ketiga, LINE Creativate kembali diselenggarakan sebagai acara kreatif LINE terbesar di Asia Tenggara dan kompetisi digital kreatif terbesar di Indonesia. Kembali mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), sebagai rangkaian kegiatan menuju LINE Creativate 2017, diadakan kompetisi Webtoon dan Stiker bagi para insan kreatif Yogyakarta dan dialog interaktif Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Konsultasi HKI Gratis dan Pendaftaran HKI Gratis tanggal 19 Agustus 2017 di Liquid Resto, Yogyakarta pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Acara ini menghadirkan Ari Juliano Gema (Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi BEKRAF RI), Dhyoti R. Basuki (PR Director LINE Indonesia), Matthew Tanudjaja (Global Engineer LINE Indonesia), Anggoro Ihank (Webtoonist ‘Pak Guru Inyong’) sebagai pembicara dan juri kontes Webtoon dan Stiker.

“Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Yogyakarta untuk berkontribusi mengembangkan potensi diri lewat konten-konten yang memiliki relevansi lokal. Kami berharap para pemuda Indonesia dapat menyalurkan potensi dengan berkreasi dan menjadi bagian revolusi para pelaku kreatif Indonesia melalui LINE Creativate 2017. Dalam acara ini, juga kami memilih 4 local heroes dari Yogyakarta, dimana pemenang kontes Webtoon dan Stiker mendapatkan travel grant untuk diterbangkan ke Jakarta menghadiri acara puncak LINE Creativate 2017 di Kota Kasablanka,” ujar Ari Juliano Gema  selaku Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi BEKRAF RI.

Sebagai bagian dalam rangkaian roadshow di 7 kota, LINE bersama BEKRAF juga akan melanjutkan rangkaian roadshow LINE Creativate 2017 ke Semarang, (20 Agustus 2017), Surabaya (2 September 2017), Bandung (9 September 2017), Medan (10 September 2017), Banjarmasin (15 September 2017), dan Denpasar (17 September 2017).


Setelah berhasil menarik lebih dari 15.000 insan kreatif untuk berpartisipasi di tahun sebelumnya dan mewadahi lebih dari 2 juta pelaku kreatif melalui ragam smart portal di LINE, kali ini LINE Creativate 2017 kembali mengajak para insan kreatif untuk unjuk gigi lewat ragam kompetisi, seperti LINE WEBTOON (komik digital), LINE Creator’s Market (sticker), serta untuk pertama kalinya menghadirkan kompetisi LINE Chatbot, dan juga kompetisi kreasi konten lokal Indonesia, “Unjuk Kreasi Lokalmu”.

Kompetisi LINE Creativate 2017 akan dibuka mulai 2 Agustus – 8 Oktober 2017, dengan memberikan total hadiah hingga lebih dari Rp 350,000,000 dan dukungan untuk mempublikasikan karyanya di platform kreatif dari LINE. Acara puncak akan diselenggarakan pada tanggal 27 – 29 Oktober 2017, yang akan menginspirasi publik melalui hasil karya Indonesia yang kaya, seminar inspiratif yang akan membuka peluang untuk setiap insan kreatif dalam memonetasi, terhubung, dan menampilkan karyanya pada pasar nasional dan internasional.

“Lewat LINE, kami siap mewadahi talenta lokal Indonesia untuk ikut serta, mengeksplorasi, dan mengembangkan potensi melalui kompetisi-kompetisi kreatif, serta meningkatkan daya saing para kreator. Apalagi, para kreator ini bisa menunjukkan bakatnya ke lebih dari 90 juta pengguna LINE. Ayo jadi bagian dari LINE Creativate 2017 dan mari unjuk kreatif!” tutup Ongki Kurniawan.

Tentang Kompetisi LINE Creativate 2017

Kompetisi #UnjukKreasiLokalmu:

Bertemakan ‘INDONESIA BANGET’, kompetisi ini bertujuan untuk berbagi cerita tentang kearifan lokal dan kebiasaan unik dalam keseharian masyarakat daerahmu melalui foto atau video di akun Instagram dengan hashtag #UnjukKreasiLokalMu. Contohnya tentang kuliner, kebudayaan, permainan, produk lokal, seni grafis, bangunan, pakaian, musik sampai tari – tarian bisa kamu ceritakan di sini.

Kompetisi LINE Sticker:

Kompetisi pembuatan stiker untuk para insan kreatif Indonesia yang mengkontribusikan karyanya dan digunakan oleh pengguna aplikasi LINE di seluruh Nusantara. Menawarkan total hadiah sebesar 100 juta Rupiah, kompetisi tahun ini bertema “MUATAN LOKAL” yang mengangkat konten-konten lokal sesuai dengan kehidupan yang terjadi di sekitar masyarakat Indonesia dan menonjolkan kekayaan budaya-budaya lokal Indonesia

Kompetisi LINE WEBTOON:

Kompetisi ini mengajak para komikus untuk membuat sebuah Webtoon pendek mengandalkan kreativitas mereka. Bertema “HARI BERARTI” yang mengeksplorasi situasi atau kejadian penting yang terjadi pada hari tersebut dan menjadikannya tema sentral cerita secara keseluruhan.

Kompetisi LINE Chatbot:

Kompetisi pengembangan chatbot pada platform LINE menggunakan Messaging API dimana yang dilombakan dalam dua kategori yaitu Game dan Utilitas. Mengangkat tema besar ‘Indonesia Banget’, bot-bot yang menjadi pemenang dalam kompetisi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam lingkup nasional sekaligus mampu mempromosikan budaya-budaya lokal di Indonesia.

Informasi LINE Creativate 2017 dapat dilihat di www.linecreativate.com

 

Sumber: siaran pers LINE.