Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Berani Coba Apple iOS 11 Beta? Begini Cara Memasangnya di iPhone atau iPad Anda

[Foto: Shutterstock/Denys Prykhodov]
Baru-baru ini, Apple mengeluarkan versi veta dari iOS 11 untuk dicoba oleh para pengguna perangkatnya di seluruh dunia. Semua orang dengan perangkat yang tepat bisa mencobanya, tapi jika Anda tertarik, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengunduh dan memasangnya di iPhone atau iPad Anda.

Tentu saja, perangkat Anda akan jadi jauh lebih keren dibandingkan perangkat teman-teman Anda jika iOS 11 sudah terpasang. Tapi tentu saja, akan ada konsekuensi dari penggunaan sistem operasi  baru tersebut.

Syarat pertama untuk mencoba iOS 11 adalah memiliki perangkat yang kompatibel, karena tidak semua perangkat Apple kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Anda memerlukan iPhone 5 atau yang lebih baru, iPad generasi ke-5 atau yang lebih baru, iPad Mini 2 atau yang lebih baru, atau iPad Air (1 atau 2). Anda juga bisa memasang iOS 11 pada iPod Touch generasi ke-6. Untuk daftar lengkap perangkat yang kompatibel, klik di sini.

Sebelum memasang iOS 11, tentu Anda ingin mem-backup ponsel Anda supaya bisa kembali kepada iOS 10 seandainya sistem yang baru bermasalah. Namun harus diingat, mengembalikan kepada sistem operasi lama memang bisa dilakukan, tapi tidak mudah. Anda bisa mempelajari caranya di tautan ini.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk menginstal iOS 11 versi beta, Anda harus mengerti bahwa sistem operasi baru akan penuh bug. Hingga perangkat lunak tersebut resmi dirilis, mungkin Anda akan mengalami beberap masalah seperti aplikasi yang macet, forced close, atau baterai yang tiba-tiba jadi boros. Jadi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjalankan perangkat lunak baru ini di ponsel Apple cadangan jika ada, agar tidak mengganggu penggunaan ponsel sehari-hari.


Oke sekarang Anda tahu konsekuensinya. Jika ingin tetap melanjutkan, Anda bisa membuka laman Apple Beta Software Program dari perangkat yang ingin dipasang iOS 11. Lakukan “sign up” lalu masuk dengan Apple ID Anda. Setujui agreement yang ada, navigasikan ke tab iOS, dan download perangkat lunak iOS 11.

Setelah itu, perangkat Anda akan membuka “Profile”, lalu sentuh “install” dan  tunggu sampai ponsel Anda reboot. Setelah ponsel kembali hidup, periksa pembaruan perangkat lunak baru, dan ponsel Anda akan men-download versi terbaru beta iOS 11.

Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba OS terbaru Apple yang hadir dengan berbagai pembaruan tersebut. Salah satu di antaranya adalah pembaruan untuk Siri. Di iOS 11, Siri memiliki keterampilan terjemahan yang lebih baik, termasuk bahasa Inggris ke bahasa Cina, Italia, Jerman, Prancis, dan Spanyol, dengan lebih banyak bahasa yang akan dimasukkan. Siri juga akan mencoba untuk belajar, berdasarkan perangkat, apa yang diminati atau dibutuhkan pengguna berdasarkan lokasi dan informasi yang pernah mereka cari.

Selain itu, Control Center dan Notification Center pun diperbaharui. iOS 11 memiliki Control Center yang lebih sederhana, dengan memajang semua pilihan dalam satu layar termasuk playback dan AirPlay control. Tampilannya pun didesain ulang, dengan slider vertikal yang dimaksimalkan untuk melakukan kontrol kecerahan dan volume. Notification Center dan lock screen juga akan digabungkan ke dalam satu layar, yang pada dasarnya mengharuskan Anda menggulir ke atas atau ke bawah untuk melihat notifikasi, alih-alih menyamping.

Tentu saja masih ada banyak fitur baru yang bisa Anda telusuri dan nikmati di iOS 11. Yang perlu diingat adalah, sabar-sabar saja kalau sewaktu-waktu sistem Anda error.