Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Berat Badan Naik Setelah Lebaran? 7 Aplikasi Ini Bisa Membantu Anda Menurunkannya

[Foto: Shutterstock]
Momen-momen Lebaran adalah saat-saat yang sangat berkesan bagi umat Muslim, yang tentunya berkesempatan untuk berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga. Selain itu, momen ini adalah saat di mana kita merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa, salah satunya dengan menghidangkan dan menyantap berbagai sajian khas Lebaran, seperti opor ayam, rendang, ketupat sayur, dan berbagai kue kering. Tapi sayangnya, saking senangnya, kadang kita lupa berapa banyak makanan berlemak dan bersantan yang telah kita santap setiap harinya. Tahu-tahu, jarum timbangan sudah bergeser ke arah kanan!

Kenaikan berat badan dan lingkar pinggang membesar memang sudah menjadi “bagian” dari libur Lebaran. Tapi jangan sampai hal ini mempengaruhi kesehatan dan kebugaran Anda. Nah, kalau Anda ingin menurunkan berat badan dan lebih mengontrol asupan kalori pasca Lebaran, ada banyak sekali aplikasi kesehatan dan penurunan berat badan yang tersedia, baik untuk perangkat iOS ataupun Android.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi weight loss terbaik di tahun 2017 (dengan rating di atas empat bintang), yang bisa diunduh gratis!

Calorie Counter & Diet Tracker

Menghitung kalori memang merepotkan, tapi Anda juga perlu menjaga makan agar tetap berada di jalur yang benar untuk menurunkan berat badan pasca Idul Fitri. Calorie Counter & Diet Tracker yang dikembangkan oleh MyFitnessPal ini bisa mempermudah. Aplikasi ini memuat database dari lebih dari lima juta jenis makanan yang memungkinkan Anda dengan cepat meng-input dan menghitung kalori dari makanan yang dimakan. Aplikasi ini juga terhubung ke beberapa aplikasi dan perangkat kebugaran lainnya dan memungkinkan Anda mengimpor dan melacak resep yang ditemukan secara online.

Lose It!


Ingin membuat perencanaan untuk menurunkan berat badan? Lose It! akan membantu Anda membuat rencana penurunan berat badan yang disesuaikan berdasarkan informasi yang Anda masukkan. Anda dapat melacak asupan makanan dan olahraga Anda serta menetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Selain itu, aplikasi ini akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang makanan yang Anda sukai, seperti makanan apa yang membantu kemajuan penurunan BB Anda dan mana yang tidak.

Noom Coach: Weight Loss

Aplikasi yang dikembangkan oleh Noom Inc ini memiliki berbagai fitur untuk menunjang program diet Anda, seperti penghitung kalori (aplikasinya memiliki database berbagai makanan di dunia), mengukur berapa langkah kaki yang sudah Anda lakukan per hari, serta menentukan target penurunan berat badan dan target aktivitas. Aplikasi bebas iklan ini tersedia di Android dan iOS.

Weight Watchers

Tidak punya waktu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi dan konsultan kebugaran? Aplikasi Weight Watchers akan menyediakan program penurunan berat badan di telapak tangan Anda. Anda bisa melacak makanan, aktivitas, dan berbagi pengalaman diet dan olahraga dengan komunitas Weight Watchers. Jika Anda berlanggakan OnlinePlus atau Meetings, Anda bisa melakukan lebih banyak, seperti mem-posting foto before-after atau menambahkan makanan favorit Anda ke Recipe Builder.

Fitness Buddy

Terkadang sulit untuk menyusun program latihan Anda sendiri jika Anda tidak menggunakan jasa personal trainer. Akhirnya, program penurunan berat badan Anda jadi mangkrak. Untungnya ada Fitness Buddy memiliki banyak prorgam latihan yang bisa Anda atur dan masukkan dalam program Anda sendiri. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2.400 latihan dan lebih dari 1.000 video HD dalam kategori yang berbeda yang menggunakan berbagai peralatan, baik di rumah ataupun di pusat kebugaran. Anda juga bisa menggunakannya untuk melacak kemajuan kebugaran tubuh Anda.

Runkeeper

Runkeeper tak hanya untuk olahraga lari. Aplikasi ini menggunakan pelacak GPS untuk melacak jalan, jalan, jogging, atau aktivitas bersepeda. Anda dapat menggunakan pengaturan jadwal pribadi untuk menentukan kapan Anda ingin berolahraga. Pembaruan untuk versi terbaru mencakup lebih banyak visual dan tampilan pelacakan aktivitas yang didesain ulang untuk memudahkan pengguna melihat tampilan aplikasinya.

Nike+ Run Club

Nike + Run Club membantu Anda tetap termotivasi untuk melakukan olahraga lari dengan berbagi kemajuan dan bersaing dengan pelari lainnya menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga bisa melacak statistik Anda selama berlari, dan memberi Anda umpan balik secara real time. Anda juga akan mendapat inspirasi dari atlit terkenal seperti Allyson Felix. Aplikasi ini akan membuat program lari yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah, itu dia berbagai pilihan aplikasi kebugaran dan penurunan berat badan yang bisa Anda gunakan untuk memangkas beberapa kilogram yang bertambah saat Idul Fitri lalu. Semoga berhasil ya!