Home  »  Opinion   »  
Opinion

Berbagai Keuntungan Bekerja Secara Remote

[Foto: pixabay.com]
[Foto: pixabay.com]
Digitalisasi memberikan dampak perubahan pada cara orang-orang bekerja. Salah satu yang menjadi tren seiring dengan perkembangan teknologi adalah bekerja jarak jauh atau remote working. Bekerja secara remote menjadi salah satu jenis pekerjaan yang paling diminati, terutama orang-orang dari generasi millennial, karena dinilai lebih cocok dengan kultur mereka yang menyukai kebebasan. Selain itu, bekerja remote juga dianggap sebagai solusi bagi orang-orang yang jenuh dengan kemacetan lalu lintas perkotaan, karena mereka tak perlu jauh-jauh ke kantor dan membuang waktunya di jalan. Selain yang telah disebutkan tersebut, ada beberapa keuntungan lain yang didapat jika memilih untuk bekerja remote.

Biaya operasional yang lebih rendah

Jika memilih bekerja secara remote, satu hal yang paling bisa ditekan adalah biaya operasional. Hal ini dikarenakan dengan bekerja remote, Anda tidak perlu susah-susah memikirkan biaya untuk transportasi maupun akomodasi. Biaya yang diperlukan untuk menyewa kantor dan operasional pun tidak sebesar jika perusahaan Anda memilih bekerja di kantor seperti biasa.

Nggak ada lagi pusing mikirin fashion ke kantor

Karena bebas bekerja dari mana saja, para pekerja remote umumnya tidak peduli dengan fashion yang dikenakan. Nggak akan ada komentar rekan kantor bahwa bajumu itu-itu aja atau perasaan bingung tiap pagi mau ngantor melihat persediaan baju di lemari.


Menghindari konflik yang tidak perlu di kantor

Tidak bisa dipungkiri bahwa problem dengan teman-teman di kantor terkadang bisa menghambat produktivitas seseorang. Dari konflik sederhana hingga konflik yang terang-terangan sangat mungkin terjadi dalam tempat kerja. Dengan bekerja secara remote, kita dapat terhindar dari konflik-konflik yang tidak terlalu penting di kantor karena intensitas bertemu kita lebih jarang.

Menghindari stres berlebihan di tempat kerja

Kebebasan untuk memilih tempat kerja membuat Anda bebas memilih tempat mana yang paling menyenangkan untuk bekerja. Entah bekerja di cafe, di kamar tidur, atau bahkan di tempat wisata sambil berlibur, Anda tetap bisa melangsungkan pekerjaan seperti biasanya. Dengan bekerja remote Anda juga bisa menikmati “liburan” setiap saat karena tidak ada tekanan rutinitas ngantor dari hari Senin hingga Jumat. Dengan begitu, stres berlebihan di tempat kerja dapat sedikit dihindari.

Komunikasi yang lebih simpel

Bekerja secara remote bukan berarti bebas untuk bekerja. Pekerja remote tetap memiliki target dan dimonitor untuk mengetahui progress pekerjaannya. Untungnya, berkat bantuan teknologi, semua hal kini dimudahkan, termasuk dalam berkomunikasi. Bekerja secara remote memungkinkan komunikasi antarpekerja yang lebih simpel, karena komunikasi didesain untuk urusan pekerjaan. Tidak seperti jika kamu bekerja di kantor yang mana komunikasi terjadi untuk semua aspek, dari mulai pekerjaan hingga gossip-gossip sesama pegawai.

Lebih konsentrasi pada pekerjaan

Bekerja secara remote memungkinkan Anda mendesain konsep kantor yang ideal menurut Anda sendiri. Hal ini berdampak pada tingkat konsentrasi yang Anda dapatkan. Beberapa orang menyukai kondisi bekerja yang ramai, sebaliknya ada pula yang memilih untuk bekerja pada kondisi yang tenang. Kondisi ini lebih memungkinkan untuk diatur apabila Anda bekerja secara remote.

Produktivitas yang lebih tinggi

Bekerja secara remote memungkinkan Anda untuk mendapatkan environment kerja yang lebih ideal. Anda bebas untuk menyetting tempat kerja paling ideal yang Anda inginkan. Apakah itu bekerja di rumah, di coworking space, ataupun di tempat umum seperti restoran ataupun cafe. Jika ditarik lebih jauh, hal ini tentu berdampak pada produktivitas seseorang di tempat kerja.