Opinion

Berbagai Tools untuk Search Engine Optimization (SEO)

[Foto: pixabay.com]

[Foto: pixabay.com]

Search Engine Optimization masih menjadi satu metode digital marketing yang paling banyak diminati saat ini. Hal itu dikarenakan metode Search Engine Optimization dipandang masih memiliki efektivitas yang cukup baik, terutama untuk jenis bisnis yang berorintasi pada traffic, branding awareness, maupun penjualan produk.

Search Engine Optimization memungkinkan sebuah halaman muncul pada kolom pencarian organik di Google Search Engine. Selain berdampak besar pada user yang memang mayoritas bergantung pada Google untuk kegiatan mereka di internet, Search Engine Optimization dipandang dapat menjadi aset jangka panjang dalam internet marketing. Hal ini dikarenakan upaya Search Engine Optimization yang dilakukan saat ini dapat memberikan dampak hingga bertahun-tahun ke depannya.

Saat ini banyak orang yang berprofesi sebagai SEO Specialist. Mereka biasanya menguasai teknik-teknik tertentu dalam Search Engine Optimization, hingga keahlian dalam menggunakan berbagai tools. Hal ini tentu saja berpengaruh, mengingat proses Search Engine Optimization memang memerlukan usaha berlapis, dari mulai riset keyword yang potensial, membuat konten teks yang sesuai dengan keyword, hingga melakukan penyesuaian-penyesuaian URL dan meta description.

Beruntungnya kini, bagi Anda yang ingin memulai digital marketing, Anda tak perlu terlebih dahulu menjadi SEO specialist atau SEO expert. Hal ini dikarenakan sekarang ini banyak tools gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk melakukan Search Engine Optimization dengan proses yang lebih mudah dan praktis.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam proses Search Engine Optimization adalah melakukan riset untuk berbagai keyword yang sesuai. Riset ini bisa menggunakan berbagai tools yang tersedia di internet. Misalnya saja yang paling jamak digunakan adalah Google Keyword Planner. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan KeywordTool.io ataupun UbberSuggest.

Secara umum, fungsi berbagai tools ini sama, yakni membantu Anda mendapatkan insight kata kunci apa yang paling relevan untuk bisnis yang Anda buat dan peluangnya dalam kolom pencarian Google. Anda bisa juga mengenali berapa jumlah kompetitor melalui tools ini. Selain itu Anda bisa juga mendapatkan suggestion berupa keyword baru yang paling relevan dengan keyword utama yang Anda gunakan.

Tahap tak kalah penting dalam Search Engine Optimization adalah melakukan backlink. Backlink berasal dari kata back dan link, yang artinya sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang beruba umpan balik. Misalnya saja, link blog A terdapat di blog B dan begitu juga sebaliknya. Untuk proses ini, Anda bisa mengandalkan Ahrefs SEO Tool. Tool ini merupakan tool yang dapat Anda gunakan untuk pengecekan backlink. Platform ini memberikan data yang cukup akurat mengenai jumlah backlink pada blog yang kita kelola. Dengan data yang diupdate setiap 15 menit sekali, tool ini memungkinkan Anda untuk mengenai sejauh mana progress Search Engine Optimization yang telah Anda lakukan.

Tak boleh ketinggalan adalah soal konten. Bagaimanapun, dalam proses Search Engine Optimization, konten memiliki posisi yang istimewa. Hal ini dikarenakan sejauh ini Google Search Engine memang mendeteksi konten berupa teks dalam sebuah website. Untuk memastikan konten yang Anda ciptakan bebas plagiat, Anda bisa mendeteksinya menggunakan bantuan Copyscape dan Siteliner. Tools ini merupakan contoh software online yang dapat membantu Anda mengecek sejauh mana originalitas sebuah konten. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan SEO-Browser untuk mendapatkan informasi mengenai Meta Data, Robot.txt, Element Javascript, link eksternal dan internal, hingga teks untuk rasio halaman yang berat.

Baru setelahnya Anda memerlukan alat untuk melakukan analisis terhadap performa website yang sedang Anda optimisasi. Anda bisa mendaftarkan situs Anda dengan Google Webmaster Tools. Hal ini memungkinkan Anda untuk pencarian query, memeriksa perbaikan HTML, hingga mengetahui pola traffic dan metrik kecepatan untuk situs yang sedang Anda kembangkan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID