Opinion

Berbagai Tools yang Akan Membantu Proses Digital Marketing

[Foto: pixabay.com]
[Foto: pixabay.com]
Di era digital ini, setiap orang dituntut untuk bisa melakukan multitasking, termasuk jika Anda berprofesi sebagai digital marketer. Kemampuan untuk multitasking sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja. Sebagai seorang digital marketer, Anda dituntut cakap untuk mengelola campaign, melakukan audit untuk website, hingga email marketing. Beruntung di era digital ini orang-orang juga semakin terus berinovasi mengembangkan produk yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas Anda sebagai seorang digital marketer.

Ada beberapa tools yang wajib untuk Anda miliki jika Anda berprofesi sebagai digital marketer. Secara umum, tools tersebut terbagi menjadi empat kategori, yakni untuk (1) email marketing, (2) website analytics, (3) content marketing, dan juga (4) search engine optimization.

1. Tools untuk Email Marketing

Email marketing masih menjadi salah satu channel yang paling digemari. Hal ini berangkat dari asumsi bahwa setiap orang masih menggunakan email untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai seorang digital marketer, Anda dituntut untuk bisa melakukan email marketing untuk meraih customer sebanyak-banyaknya. Ada beberapa tools yang wajib Anda gunakan untuk mengefektifkan proses email marketing ini. Beberapa di antaranya adalah MailChimp, GetResponse, dan Aweber.

Secara umum, fungsi ketiga tools tersebut hampir sama, yakni membantu Anda sebagai digital marketer untuk mempermudah pekerjaan email marketing. Dengan berbagai tools tersebut, Anda dimungkinkan untuk mengirim ribuan email dalam sekali waktu. Anda juga bisa memanfaatkan layanan email subscriber untuk mendapatkan list email marketing dari pelanggan Anda yang paling potensial. Dengan varian harga yang beragam, dari mulai free trial hingga $20/bulan, Anda sudah bisa menggunakan kemudahan layanan ini untuk mendongkrak angka penjualan.

2. Tools untuk Content Marketing

Tak jauh berbeda dengan email marketing, content marketing menjadi satu hal yang paling diandalkan dalam digital marketing. Hal ini dikarenakan algoritma Google masih didesain untuk mendeteksi konten berupa teks, sehingga kebutuhan akan konten berupa tulisan masih selalu diperlukan. BuzzSumo adalah salah satu tool yang didesain untuk membantu Anda membuat dan menyebarkan konten dengan alur yang lebih baik. Prosesnya meliputi tiga tahapan, yakni riset, amplification, hingga monitoring.

Selain itu, Anda bisa juga menggunakan ContentMarketer.io untuk mengetahui engagement dari setiap konten yang Anda sebarkan kepada audiens. Tool ini dapat membantu Anda mengenali mana saja dari audiens yang berpotensi untuk menjadi customer dengan memberikan analisis yang kuat dari setiap engagement yang didapatkan oleh sebuah konten.

3. Tools untuk Analisis Website

Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam apa saja yang harus dilakukan untuk sebuah website, sebagai digital marketer Anda dituntut untuk paham terlebih dulu. Oleh karena itu, analisis terhadap website yang Anda kelola penting untuk dilakukan. Untungnya saat ini banyak tools yang ditawarkan untuk membantu pekerjaan ini agar lebih mudah dilakukan. Beberapa di antaranya adalah Google Analytics dan Kissmetrics. Berbagai tools tersebut memungkinkan Anda untuk mengetahui sejauh mana performance dari website yang sedang Anda kelola. Selain itu, Anda dapat mengetahui audiens lebih dalam dengan melihat tema apa saja yang mereka suka, gagdet yang digunakan, hingga social network apa yang menjadi source traffic terbesar bagi sebuah website tersebut.

4. Tools untuk Search Engine Optimization

Search engine optimization (SEO) masih menjadi salah satu tugas terberat dari digital marketing. Hal ini dikarenakan kompleksitasnya dalam pengerjaan, dari mulai meriset keyword, menulis SEO text, hingga mengatur meta tags dan back link. Oleh karena itu diperlukan berbagai tools pendukung yang akan memudahkan digital marketer untuk menyederhanakan tugas-tugas ini. Beberapa tools tersebut di antaranya ada SEO Spider, Google Search Console, dan juga Ahrefs. Beberapa tools ini dapat membantu Anda sebagai digital marketer untuk melakukan analisis hingga mengetahui bagaimana performa kompetitor dalam hal SEO.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID