Tips & Guide

Berbagai Tools yang Sangat Membantu Kerja UI/UX Designer

[Foto: pixabay.com]
Profesi UI/UX designer sedang digemari akhir-akhir ini. Jika sebelumnya para designer umumnya memiliki keahlian design secara umum, kini banyak dari mereka yang memutuskan untuk berkonsentrasi pada UI/UX produk karena demandnya yang sangat tinggi. Tak hanya untuk pekerja di startup, UI/UX designer kini banyak dicari sebagai tenaga freelance. Entah untuk tujuan membuat website atau design aplikasi, atau bahkan mereview produk yang sudah jadi.

Tingginya demand akan profesi UI/UX designer ini tentunya harus diimbangi dengan kemampuan dalam bekerja yang cukup bagus. Tak hanya bakat dalam mendesain, seorang UI/UX designer juga harus terampil dalam menggunakan berbagai tools untuk memudahkan pekerjaan mereka. Jika kamu adalah seorang UI/UX designer, berbagai tools di bawah ini barangkali bisa kamu coba untuk memudahkan dan mempercepat berbagai kerja-kerja yang kamu lakukan.

1. Font Awesome

Font Awesome merupakan salah satu tool yang paling banyak dipakai oleh UI/UX designer di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Font Awesome memberikan berbagai pilihan vector icon yang dapat dicustom sesuka hati si designer. Dari mulai warna, ukuran, hingga drop shadow, semuanya dapat diatur dengan bebas.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Fitur Multi-Windows Pada Android Nougat

2. Freebiesbug

Freebiesbug cocok sekali bagi Anda yang berkonsentrasi untuk produk website. Tool ini menawarkan berbagai fasilitas seperti vector icon, template, bahkan plug in. Anda juga dapat menggunakan tool ini dengan mudah karena tampilannya yang relatif simpel dan mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

3. Flat UI Color Picker

Bagi seorang UI/UX designer, warna menjadi satu elemen yang paling penting. Hal ini dikarenakan warna merupakan identitas utama dari sebuah design yang kita buat. Warna bagi designer juga tak sesederhana merah, hijau, atau biru. Anda yang designer pasti akrab dengan istilah light sea green, eucalyptus, dan lain-lain yang biasanya dikodekan dalam berbagai huruf dan angka. Flat UI Color Picker adalah tool yang sangat membantu Anda dalam proses pewarnaan di dalam UI/UX ini, khususnya jika Anda berminat untuk membuat design dengan model flat design yang belakangan sedang populer.

4. UX Checklist

Sebagai UI/UX designer, pernahkah Anda mengalami proses yang membingungkan dalam melakukan UX research? Selain karena pekerjaan ini umumnya tidak diajarkan secara khusus di bangku sekolah, UX research juga melibatkan serangkaian proses yang cukup kompleks. Sebab, selain harus memahami produk, designer juga dituntut untuk memahami calon user. UX Checklist merupakan tool yang sangat membantu Anda untuk memastikan seluruh proses UX research telah dilakukan dengan baik.

Baca Juga:  Startup Austria Ini Ciptakan "iPad" Khusus Bagi Penyandang Tunanetra

5. Pttrns

Jika Freebiesbug secara pesifik dikhususkan untuk produk website, Pttrns secara khusus dapat Anda gunakan untuk produk mobile. Pttrns menawarkan berbagai varian template dan banyak sekali insight yang dapat Anda peroleh untuk proses pembuatan mobile design.

6. UI Faces

UI Faces merupakan salah satu tool yang dapat membantu Anda menemukan design avatar untuk membuat mock up dengan cara yang sangat sederhana. Meski demikian, hasil yang Anda dapatkan sangat memuaskan. Ada banyak pilihan yang ditawarkan dan semuanya bisa dicustom sesuai dengan keinginan kita.

7. PrimeLiber

Produk dari Rusia ini merupakan sebuah website yang menyediakan berbagai resource untuk UI/UX design. Asyiknya, tool ini menyediakan semuanya dengan gratis, dari mulai informasi mengenai UI/UX, tren terbaru, hingga beragam informasi lain mengenai startup dan digital marketing ada di sini. Bagi Anda yang ingin belajar UI/UX design lebih mendalam, blog ini sangat recommended untuk dicoba. Tapi pastikan fasilitas penerjemahmu aktif yah, karena blog ini ditulis dalam Bahasa Rusia.

Baca Juga:  Tips Menghindari Aksi Penipuan Online Ala BlackBerry Messenger