News

Beredar Rumor Samsung akan Mengakuisisi AMD

[Ilustrasi Foto: en.wikipedia.org]

Bukan pertama kalinya beredar rumor AMD akan dibeli perusahaan lain. Sudah beberapa kali, namun belum ada yang jadi kenyataan. Terakhir, yang sempat dikabarkan akan mengakuisisi AMD adalah Mediatek. Lalu bagaimana rumor kali ini?

Tidak ada yang berhasil mengkonfirmasi apakah akuisi ini akan benar-benar terjadi. Tetapi banyak pihak yang merasa ini adalah hal yang bagus jika benar-benar terjadi. Samsung akan mendapatkan hasil riset dan pengembangan dari AMD, beserta hak paten yang mereka miliki. Dan AMD mendapatkan dana segar untuk kembali menggerakkan roda bisnis AMD.

 

AMD saat ini valuasinya sudah turun drastis. Dikutip dari Fudzilla.com, di tahun 2006, nilai saham AMD per lembar diperdagangkan sebesar $40. Di tahun ini pulalah AMD mengakuisisi ATI (produsen VGA Card). Nilai akuisisinya pun sangat besar, $5,4 miliar. Sementara AMD saat ini harga sahamnya per lembar tak sampai $3. Ini membuat valuasi AMD menjadi hanya $2,17 miliar. Hampir sepersepuluh dari valuasinya tahun 2006, $20 miliar.

 

[Sumber 1, Sumber 2, Sumber 3]

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID