News

Ford Berencana Luncurkan Mobil Swa Kemudi Tanpa Setir dan Pedal Tahun 2021

[Foto: theverge.com]
Ford berencana akan meluncurkan sebuah mobil swa kemudi tanpa setir atau pedal pada tahun 2021 mendatang. Kendaraan ini akan ditargetkan pada armada kendaraan ride-hailing dan ride-sharing.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Ford telah bekerja sama dengan sejumlah startup untuk mengoptimalkan teknologi mobil otonom mereka. Yang termasuk ke dalam upaya Ford di antaranya: berinvestasi pada Velodyne, sebuah perusahaan yang membuat sensor LIDAR; mengakuisisi SAIPS, sebuah perusahaan asal Israel yang membuat computer vision dan software machine learning; memperoleh lisensi eksklusif dengan perusahaan pengembang teknologi “virtual retina” yang bernama Nirenberg Neuroscience, LLC; dan melakukan investasi pada perusahaan 3D-mapping bernama Civil Maps.

Ford juga berencana akan  memperluas pusat penelitian dan inovasinya di Palo Alto dan berencana untuk melipatgandakan jumlah anggota tim yang ada pada akhir tahun depan.

Jajaran eksekutif Ford menyatakan bahwa perusahaan tersebut belum sampai pada tahap di mana mereka bisa menunjukkan prototipe kendaraan, atau bahkan memberi gambaran seperti apa rupa kendaraan tersebut. Untuk saat ini, Ford masih fokus untuk mempersiapkan hardware dan software untuk mobil otonom ini.

Pada lima tahun ke depan, selain mempersiapkan software dan hardware yang dibutuhkan, Ford dan industri mobil otonom tentunya membutuhkan izin dari pemerintah untuk membuat peraturan yang memungkinkan mereka untuk memperjualbelikan mobil-mobil ini. Ford, Google, dan Uber dikabarkan telah bergabung pada awal tahun ini untuk membentuk sebuah kelompok untuk melobi industri mobil otonom.

Pada awalnya,Ford berencana untuk menjual mobil ini untuk penyedia layanan ride-sharing. Meskipun Ford tidak memberitahu secara eksplisit perusahaan mana saja yang berpotensi menjadi mitra mereka, tapi nampaknya Uber dan Lyft termasuk ke dalamnya. Ford juga menolak berkomentar apakah mereka bermintat untuk meluncurkan layanan ride-hailing nya sendiri.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID