News

Bermitra Dengan Fiat Chrysler, Amazon Kini Jualan Mobil

[Gambar: travarsa.com]
Sekarang, beli mobil akan semakin mudah dengan adanya program baru dari Amazon. Baru-baru ini, Amazon memperkenalkan sebuah program bernama Amazon Vehicles yang didedikasikan khusus untuk menjual mobil. Fiat Chrysler juga kabarnya telah menjalin kerja sama dengan Amazon untuk menjual mobil keluarannya pada platform tersebut dengan harga diskon (30 persen lebih murah dari harga pasaran).

Eits, jangan senang dulu. Sayangnya, penawaran ini baru berlaku bagi konsumen Italia melalui Amazon.it. Selain itu, pilihan mobil yang ditawarkan pada program ini hanya ada tiga, yakni model Panda, 500, dan 500L. Dalam konferensi pers, managing director Fiat Chrysler Itali, Gianluca Italia menyatakan: “Sudah tiba waktunya untuk memberikan cara baru yang lebih efisien dan transparan untuk memilih kendaraan baru kepada para pelanggan.”

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Apakah setelah pembeli menekan tombol ‘beli’ dan melakukan pembayaran, mobilnya akan langsung diantarkan ke depan rumah? Rupanya tidak. Setelah membeli secara online, pihak pembeli kemudian akan dihubungi oleh Amazon untuk membicarakan lokasi penyelesaian transaksi dan pengambilan barang. Mobilnya sendiri  baru bisa diterima dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu sejak pembelian.

Baca Juga:  Amazon Akan Buka Lebih Dari 100 Ribu Lowongan Kerja Baru di AS

Menurut Italia, 50 persen orang Italia mau membeli mobil secara online, namun mayoritas orang (97 persen) lebih memilih untuk mengambil barang secara langsung pada dealer mobil pilihan mereka. Ia juga menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat menggenjot angka penjualan mobil secara online hingga 33 persen.

Kabarnya, Amazon Perancis (Amazon.fr) juga pernah menawarkan layanan yang serupa pada platformnya. Bedanya, calon pembeli diminta untuk membayar downpayment (DP) terlebih dahulu di muka. Lalu, untuk mendapatkan mobilnya Anda harus menelpon dealer-nya lalu membayar sejumlah biaya tambahan. Setelah itu, barulah Anda bisa mendapatkan mobilnya.