Home  »  News   »  
News

Bertahun-tahun Terlupakan, Google Voice Akhirnya Diperbaharui dengan Sejumlah Fitur Baru

[Foto: Google Blog]
Setelah bertahun-tahun terabaikan, Google nampaknya baru ingat masih memiliki fitur Google Voice dalam layanannya. Perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat, itu baru-baru ini mengumumkan Google Voice versi baru, setelah beberapa waktu lalu menyatakan akan segera memperbaharui layanan tersebut.

Kini Anda bisa meng-update aplikasi Google Voice baik di perangkat Android, iOS, ataupun di situs webnya. Google telah menambahkan beberapa fitur segar pada Google Voice versi baru tersebut, termasuk memperbaharui tampilannya.

Menurut pernyataan tertulis pada blog resmi Google, “Inbox Anda kini memiliki tab terpisah untuk Pesan, Panggilan, dan Voicemail. Semua percakapan terekam dalam satu laman yang tak terputus, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat semua pesan Anda dari setiap kontak Anda di satu tempat.”

Selain memberi tampilan baru yang lebih segar bagi Google Voice, Google juga telah melakukan pembaruan fitur yang hingga saat ini terbatas hanya bisa digunakan jika pengguna Voice terhubung ke Hangouts, seperti fitur pesan singkat dan pesan suara. Setelah diperbaharui, pengguna Google Voice bisa langsung menikmati fitur-fitur tersebut tanpa menghubungkan Voice dengan aplikasi lain.


[Foto: Google Blog]
Selain itu, pembaruan Google juga meliputi MMS. Selama ini, banyak pengguna mengeluh karena Google Voice tak mendukung pengiriman pesan gambar melalui MMS. Kini, pengguna bisa mengirimkan MMS melalui Voice di semua platform. Gambar yang diterima akan muncul pada laman percakapan, dan mengirim gambar jadi semudah mengirim pesan singkat biasa. Pengguna tak lagi perlu menerima email dengan MMS yang dilampirkan.

Pesan grup juga merupakan fitur terbaru Google Voice. Jadi, benar-benar tak perlu menghubungkannya lagi dengan Hangouts. Fitur ini dinilai sangat penting bagi semua pengguna Voice.

Transkripsi voicemail juga merupakan fitur baru yang ditambahkan Google, yang saat ini baru tersedia dalam Bahasa Spanyol. Beberapa fitur baru lainnya adalah notifikasi saat pengguna lain membalas pesan (Android), dan support 3D Touch (iPhone).

Selain melakukan pembaruan, Google juga berjanji tak akan lagi “menganak-tirikan” Google Voice seperti yang terjadi pada tahun-tahun belakangan. Perusahaan tersebut juga menyadari bahwa pengguna mengharapkan pembaruan rutin dan fitur-fitur baru pada aplikasi mobile dan situs webnya.

Namun pembaruan yang dilakukan saat ini hanya langkah awal. Google menyatakan akan mendesain ulang Google Voice dalam waktu-waktu mendatang, yang tentu saja tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Jika Anda terlanjut memindahkan akun Voice Anda ke Hangouts, dan jika saat ini Anda masih menggunakan Hangouts, Anda tak perlu beralih kepada aplikasi baru Voice, namun jika memang ingin mencoba, menurut pernyataan Google, Anda bisa merasakan berbagai pengalaman baru dengan Voice.

Update untuk Google Voice telah dirilis pada Senin, 23 Januari 2017 untuk Android, dan untuk iOS akan menyusul dalam beberapa hari ke depan.