News

Biksu Robot Imut Ini Akan Kenalkan Anda Pada Buddhisme

[Foto: Kim Kyung-Hoon | Reuters.com]
[Foto: Kim Kyung-Hoon | Reuters.com]

Baru-baru ini, Tiongkok mendapat banyak sorotan dari media internasional ketika banyak restoran di negeri tirai bambu ini yang ‘memecat’ pelayan robotnya karena performa buruk. Rupanya, robot tersebut dianggap tidak dapat melayani pelanggannya dengan baik.

Namun jangan salah, hal tersebut tidak menutup ambisi Tiongkok untuk mengembangkan pasar robotik di negaranya. Faktanya, beberapa hari terakhir ini, jejaring sosial Tiongkok seperti Weibo dan WeChat dibanjiri oleh foto-foto Xian’er, biksu robot imut yang menetap di kuil Longquan, Beijing.

Biksu robot yang dinamakan Xian’er ini memiliki tinggi 60 cm dan memiliki penampakan seperti biksu kartun pemula dengan kepala gundul dan jubah kuningnya yang khas, serta memegang sebuah layar sentuh di depan dadanya. Xian’er memiliki kemampuan untuk merapalkan mantra Buddha, bergerak sesuai voice command, dan melakukan pembicaraan sederhana. Perbincangan tersebut dilakukan dengan cara menjawab 20 pertanyaan sederhana seputar ajaran Buddha dan kehidupan sehari-hari yang tertera di layarnya. Xian’er pun dikabarkan bisa melakukan tujuh gerakan di atas roda yang menopangnya itu.

“Kami ingin mengambil pendekatan yang lebih modern untuk menyebarkan ajaran Buddha. Xian’er sendiri merupakan generasi pertama biksu robot,” ujar Master Xianfan, penggagas biksu robot ini saat menerangkan pada media lokal. Menurut laporan, Xian’er bahkan memiliki akunnya sendiri di Weibo—jejaring sosial semacam Twitter di Tiongkok—dan aplikasi messenger WeChat.

Seorang pelancong dan penganut ajaran Buddha bernama Michelle Yu menuturkan pada Reuters bahwa dia pertama kali mengenal Xian’er melalui media sosial. Ia merasa bahwa Xian’er dapat membantu penyebaran ajaran Buddha, karena banyak orang yang dibuat penasaran dan tertarik padanya.

Melihat respon yang positif dari masyarakat, kuil ini kini tengah mengembangkan model terbaru dari Xian’er yang akan dilengkapi dengan lebih banyak fungsi yang lain.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID