Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Bingung Cara Gunakan Twitter Moment? Ini Tipsnya

[Gambar: theslanted.com]
Fitur “Moment” pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 namun hanya dapat digunakan oleh segelintir pengguna yang berstatus media dengan pengikut jutaan. Fitur ini memungkinkan kita untuk membaca berita populer di Twitter secara kronologis dalam satu topik atau tema.

Belum lama ini Moments akhirnya tersedia untuk publik yang berarti semua pengguna Twitter dapat membuat kumpulan tweets. Penasaran bagaimana cara membuat Moments di Twitter? Berikut ini langkah-langkahnya!

Tutorial Membuat Moments via Dekstop

Langkah 1: Masuk akun Twitter Anda seperti biasa di twitter.com

Langkah 2: Klik profile Twitter Anda lalu klik tab Moments yang terletak di bagian pojok kanan Twitter sebelum fitur edit profile.

Langkah 3: Pilih ‘Create Moments’ dan laman akan langsung menuju ke penyuntingan. Pada laman ini pengguna dapat menambahkan judul, deskripsi singkat, dan sampul (cover) Moments untuk menambah daya tarik.

Langkah 4: Tambahkan tweets yang Anda inginkan dalam Moments. Tersedia empat mode pencarian, yaitu:


  • Tweets I’ve Liked: Kumpulan tweets yang Anda sukai.
  • Tweets by Account: Metode pencarian tweets melalui penelusuran akun pengguna.
  • Tweet Search: Metode pencarian tweets melalui kata kunci yang Anda inginkan.
  • Tweet Link: Metode pemilihan tweet berdasarkan tautan yang Anda miliki.

Langkah 5: Organisir kumpulan tweets dengan cara menyusun dari yang paling menarik hingga tidak atau tergantung selera Anda. Gunakan fitur dengan simbol panah atas atau panah bawah untuk menaik turunkan tweets. Gunakan fitur dengan simbol silang untuk menghapus tweets yang tidak diinginkan. Pengguna juga dapat memotong gambar dalam tweets dengan fitur crop image.

Langkah 6: Bila Anda sudah merasa puas dengan hasil Moments yang dibuat maka silahkan pilih Publish untuk menerbitkan kumpulan tweets buatan Anda. Bila ingin menyimpannya terlebih dahulu dalam bentuk draf bisa mengklik finish later.

Tutorial Membuat Moments via Mobile

Langkah 1: Masuk akun Twitter Anda melalui aplikasi.

Langkah 2: Klik profile Twitter Anda lalu klik tab Moments yang terletak di bagian bawah kiri Twitter sebelum fitur Lists.

Langkah 3: Pilih ‘Create Moments’ dan laman akan langsung menuju ke penyuntingan. Pada laman ini pengguna dapat menambahkan judul, deskripsi singkat, dan sampul (cover) Moments untuk menambah daya tarik.

Langkah 4: Tambahkan tweets yang Anda inginkan dalam Moments. Berbeda dengan fitur desktop, melalui ponsel tersedia tiga mode pencarian, yaitu My Tweets, Liked, dan Search.

Langkah 5: Organisir kumpulan tweets dengan cara menyusun dari yang paling menarik hingga tidak atau tergantung selera Anda. Pilih fitu Reorder yang terletak di pojok bawah kanan.

Langkah 6: Bila Moments berisikan informasi yang sensitif atau dewasa, pengguna dipersilahkan memberikan peringatan pada fitur More yang terletak di pokok bawah kiri. Geser kanan untuk mengaktifkan fitur Moment has sensitive material.

Langkah 7: Sama dengan desktop, pengguna dapat mempublikasikan Moments dengan fitur Publish atau menyimpannya sebagai draf dengan fitur Finish Later.

Sekedar tips, bagi yang penasaran bagaimana cara menghapus tweet pribadi dari moments yang dibuat orang lain, Anda dapat memblokir akun tersebut sehingga otomatis tweet Anda akan terhapus dari Moments yang dibuatnya.

Selain itu, Anda juga tidak dapat menambahkan tweet tertentu dalam Moments yang dibuat orang lain. Hanya penulis yang dapat menentukan Tweet mana yang disertakan dalam Moments mereka.

Begitulah cara untuk membuat Moments melalui desktop dan ponsel beserta tipsnya! Yuk, bikin Moments di Twitter.