Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Bingung Memilih Antara iOS dan Android? Install Saja Android pada iPhone Anda

[Foto: pexels.com]
Apakah Anda masih memperdebatkan mana yang lebih baik, iOS atau perangkat Android? Tentu saja, kedua sistem operasi ini memiliki kelebihannya masing-masing. Misalnya saja, iOS pada umumnya lebih aman dibandingkan perangkat Android. Sementara itu, Android cenderung lebih universal dan memberikan kebebasan bagi pengguna yang ingin mempersonalisasi ponselnya. Daripada bingung-bingung memilih, bagaimana jika Anda kombinasikan saja keduanya?

Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana caranya menginstall sistem operasi Android (atau lebih tepatnya lagi iDroid, ragam Android yang dibuat khusus bagi iPhone) pada iPhone yang sudah di-jailbreak. Bagi yang tidak mau melakukan jailbreak pada iPhonenya, cara ini bukan untuk Anda. Mungkin Anda lebih cocok menggunakan case iPhone yang merangkap sebagai perangkat Android. Dengan begini Anda bisa memiliki dua perangkat iOS dan Android sekaligus dalam satu bodi yang sama. (Kunjungi halaman website produk ini untuk informasi lebih lanjut.)

Menginstall Android pada iPhone yang sudah dijailbreak


Sebelum dimulai, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan jailbreak pada perangkat iOS Anda. Meskipun banyak orang-orang yang sudah melakukan hal ini dan tidak mendapatkan masalah serius, namun pihak Apple sendiri mengingatkan bahwa melakukan jailbreak dapat memicu kelemahan keaamanan, ketidakstabilan, daya baterai menurun, gangguan pada layanan, dan lain-lain. Ini masuk akal, karena jika Anda menginstall aplikasi yang bersumber dari sumber di luar App Store resmi, maka selalu ada kemungkinan Anda akan terjangkit malware. Selain itu, jika Anda melakukan jailbreak pada perangkat iOS Anda maka garansi perangkat tersebut otomatis akan tercabut. Jika mau lebih aman, ada baiknya jika Anda tidak menggunakan ponsel utama Anda dan menggunakan iPhone cadangan Anda untuk melakukannya. Dengan begini, Anda masih punya backup jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika melakukan jailbreak tidaklah menjadi masalah bagi Anda, atau jika memang Anda sudah memiliki sebuah perangkat iOS yang telah dijailbreak, maka Anda bisa langsung saja melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall Bootlace. Jalankan Cydia, kemudian klik Manage -> Sources -> Edit -> Add, kemudian tambahkan repository repo.neonkoala.co.uk. Ketuk Add Source, pilih repository tersebut kemudian install Bootlace.
  2. Setelah itu, restart iPhone Anda.
  3. Jalankan Bootlace dan berikan akses untuk melakukan patch pada kernel. Pilih opsi Reboot.
  4. Langkah selanjutnya adalah menginstall OpeniBoot. Jalankan Bootlace kemudian pilih OpeniBoot -> Install -> Continue.
  5. Pilih iDroid -> Install -> OK dan tunggu proses instalasi iDroid. Proses ini akan cukup memakan waktu, jadi jika baterai iPhone Anda sekarat, ada baiknya Anda melakukan proses instalasi ini sembari mengisi daya baterai pada ponsel Anda.
  6. Dari dalam Bootlace, pilih Quickboot, kemudian pilih ikon Android. Reboot ke Android dan iPhone rasa Android Anda pun siap digunakan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!