News

Bingung Menjawab Pesan di Dalam Group WhatsApp? Gunakan Fitur “Quote”

[Gambar: WhatsApp.com]
WhatsApp sekarang dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengutip (quote) sebuah pesan ketika membalasnya. Pada awal pekan ini, fitur baru itu sudah bisa ditemukan dalam versi beta WhatsApp untuk Android. Namun, sekarang fitur tersebut sudah bisa digunakan oleh para pengguna WhatsApp di perangkat Android maupun  iOS.

Memang, jika Anda melihat ke Google Play Store atau AppStore, sama sekali belum ada notifikasi adanya update baru untuk aplikasi ini. Tapi, rupanya fitur baru ini sudah bisa Anda nikmati bahkan tanpa mengupdate aplikasi WhatsApp Anda sekalipun. Menurut laporan Engadget dan beberapa sumber lain, meskipun tidak ada official update, fitur ini memang sudah dirilis ke publik oleh pihak WhatsApp.

Untitled-1
[Screenshot: Contoh penggunaan fitur Quote/Kutipan di WhatsApp]
Untuk mengetahui apakah aplikasi WhatsApp Anda sudah memiliki fitur tersebut, cukup tekan balon pesan yang ingin Anda tanggapi selama beberapa detik sampai muncul ikon-ikon di bagian atas pembicaraan. Tepat di samping ikon star, trash, copy, dan forward ada sebuah ikon baru yang berupa panah yang melengkung—serupa dengan ikon yang biasa digunakan untuk opsi reply. Jika Anda memilih ikon tersebut, maka pesan yang ingin Anda kutip akan muncul tepat di atas kotak teks jawaban Anda. Jika Anda belum bisa juga menggunakan fitur baru ini, Anda bisa coba menginstall ulang aplikasi WhatsApp di perangkat Anda atau mencoba lagi beberapa hari kemudian.

Setelah Anda mengirimkan balasan, teks balasan Anda  akan muncul dalam percakapan yang diiringi dengan pesan asli yang Anda kutip di atasnya. Menurut saya, fitur ini akan sangat berguna jika digunakan dalam group conversation. Seringkali karena begitu banyak orang yang bergabung dalam pembicaraan, obrolan yang mau kita balas malah ‘tenggelam’ di antara balasan yang lain. Fitur ini bisa membantu Anda untuk secara spesifik mengacu pada sebuah pesan.

Yang menarik lagi, Anda bisa mengutip pesan siapapun yang ada di dalam chatroom, termasuk pesan Anda sendiri. Nah, sekarang Anda tidak perlu repot-repot mengetik ulang ucapan Anda dan cukup mengutipnya saja. Praktis, bukan?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID