Home  »  News   »  
News

Bocoran Foto Ungkap Desain Tanpa Bezel dan Iris Scanner pada Samsung Galaxy S8

[Foto: Twitter.com/DforDesign]
Semenjak isu mengenai perilisan Samsung Galaxy S8 di tahun 2017 berhembus, berbagai media telah mencoba “mengintip” ke dalam dapur Samsung untuk melihat bagaimana penampilan calon flagship smartphone terbaru Samsung tersebut, juga spesifikasi dan fitur-fiturnya. Berbagai bocoran telah memberi sedikit celah bagi media dan para pecinta ponsel Samsung untuk mengetahui wujud Galaxy S8, sementara bocoran terbaru mengindikasikan, smartphone tersebut bakal memiliki layar melengkung dan nyaris tanpa bezel.

Pemilik akun Twitter DforDesign telah mengunggah beberapa gambar yang ditengarai sebagai mockup pelindung layar yang didesain khusus untuk Samsung Galaxy S8. Foto-foto yang diunggah beberapa hari lalu dikira oleh beberapa media sebagai panel depan dari S8, namun nampaknya bukan.

Karena munculnya berbagai berita tersebut, DforDesign akhirnya mengkonfirmasi bahwa gambar-gambar tersebut adalah mockup dari pelindung layar, bukan bagian fisik dari S8. Namun tetap saja, tampilan mockup tersebut “membocorkan” bentuk asli dan dimensi dari Galaxy S8 yang dikabarkan bakal dirilis tahun ini.

Menurut beberapa bocoran yang ada sejauh ini, sepertinya Samsung bakal menghilangkan tombol “home” ikonik yang ada di setiap smartphone-nya selama ini. Selain itu, ada juga bocoran yang mengindikasikan Samsung Galaxy S8 bakal keluar dalam dua ukuran berbeda, walaupun detail mengenai dimensinya masih belum jelas.

Sebelumnya, ada spekulasi yang beredar bahwa Galaxy S8 akan memiliki display OLED edge-to-edge dengan rasio screen-to-body lebih dari 90 persen. Artinya secara fisik ponsel tersebut nyaris tak memiliki bezel.


Pada gelaran iMID Display Exhibition di Seoul beberapa waktu lalu, insinyur Samsung Park Won-sang mengisyaratkan bahwa raksasa teknologi dari Korea Selatan itu tengah berinvestasi pada sumber daya dan tenaga kerja untuk melakukan inovasi besar pada teknologi layarnya.

Namun Won-sang menolak untuk mengkonfirmasi apakah Galaxy S8 bakal memiliki panel OLED terbaru, walaupun dia mengatakan Samsung sangat serius dalam meningkatkan kualitas layarnya.

Gambar-gambar di akun Twitter tersebut kebetulan sesuai dengan spekulasi yang beredar, yang mengatakan bahwa Galaxy S8 bakal memiliki layar dengan pinggiran melengkung dan tanpa bezel. Namun yang paling membuat penasaran dari mockup tersebut adalah adanya lubang-lubang tambahan pada bagian atas panel depan, yang sebelumnya belum pernah disebutkan dalam bocoran-bocoran yang sejauh ini beredar.

Menurut laporan AndroidPolice, detail tersebut bisa jadi mengindikasikan adanya sensor windows yang sebelumnya pernah diterapkan pada Galaxy Note 7 yang produksinya sudah dihentikan, namun tak ditemukan pada Galaxy S7. Detail tersebut menjadi penting karena ia membuka kemungkinan Galaxy S8 juga akan dilengkapi dengan iris scanner atau pemindai mata seperti Note 7. Fungsi iris scanner adalah untuk membuka locked screen dan folder-folder di dalam smartphone tanpa menggunakan tangan, dan bisa dilakukan walau keadaan gelap atau pengguna berkacamata.

Salah satu perbedaan mencolok antara bocoran yang satu ini dibandingkan dengan yang lain ada pada desain dari pelidung layar yang mengindikasikan smartphone tersebut akan memiliki bagian sudut yang sangat membulat. Memang kita belum pernah mengetahui hal ini dari bocoran sebelumnya, namun menurut keterangan AndroidPolice, mereka telah mengkonfirmasi desain tersebut dengan sumber-sumbernya.

Sejauh ini, Samsung menolak berkomentar mengenai segala rumor yang beredar mengenai smartphone terbarunya itu. Kemungkinan mereka baru akan mengumumkan detailnya pada gelaran Mobile World Congress akhir Februari 2017 nanti.

Sebuah rumor yang lain mengatakan peluncuran Galaxy S8 tertunda hingga bulan April, namun ada juga kemungkinan Samsung akan merilis ponsel tersebut secara terbatas pada bulan Februari atau Maret.

Namun nampaknya, Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan teknologi layarnya. Bulan Oktober 2016 lalu, Xiaomi mengisyaratkan akan segera merilis smatphone edgeless mereka, Mi Mix, sementara Apple kemungkinan besar akan mengganti layar LCD dengan OLED pada iPhone terbarunya nanti.