Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Browser Microsoft Edge Anda Bermasalah? Atasi dengan Cara Ini

[Gambar: vxfusion.com]
Seperti yang telah Anda ketahui, Microsoft memiliki browser web baru pada Windows 10. Bagi yang sudah menggunakannya, tentunya akan terasa bahwa browser bawaan Microsoft ini memiliki performa yang jauh lebih baik dari pendahulunya, Internet Explorer. Tapi sayangnya, itu bukanlah jaminan bahwa browser yang satu ini akan benar-benar terbebas dari masalah. Pengguna sering mengeluhkan bahwa browser Edge tidak bisa terbuka, lamban, atau bahkan keluar sendiri setelah beberapa detik menjalankannya. Jika terjadi masalah seperti itu, pengguna Windows 10 harus mereset / menginstall ulang browser Edge ini agar masalah bisa segera diperbaiki. Menginstall ulang / mereset browser Edges mengharuskan Anda untuk menghapus folder sistem kemudian menjalankan beberapa command pada PowerShell. Pengguna biasa biasanya sering ragu jika harus menjalankan command yang tidak dikenal, dan lebih memilih untuk menghindari Command Prompt and PowerShell.


Tentu saja, banyak pengguna yang menyarankan kepada Microsoft untuk memberikan sebuah fitur / opsi baru untuk membetulkan browser Edge di PC Windows 10. Nampaknya Microsoft mendengarkan keluhan dan masukan dari penggunanya. Pada Windows 10 Fall Creators Update yang akan datang, akan Anda opsi untuk memperbaiki (repair) dan mereset browser Edge. Operasi reset dan repair pada browser Edge ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu Settings -> Apps -> Apps & features -> Microsoft Edge. Dalam artikel ini, saya akan melihat bagaimana caranya untuk memperbaiki browser Edge pada Windows 10  tanpa bantuan tool pihak ketiga dan tanpa harus memodifikasi tool sistem yang ada.

Cara memperbaiki browser Microsoft Edge

Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki browser Microsoft Edge pada PC Windows 10. Harap diingat, fitur untuk memperbaiki browser Microsoft Edge ini baru akan tersedia pada Windows 10 Fall Creators Update. Fitur tersebut tidak akan bisa ditemukan Windows 10 Creators Update (v1703).

Langkah 1: Buka aplikasi Settings. Masuk ke dalam Apps -> Apps & features.

Langkah 2: Cari dan klik entri dengan tulisan Microsoft Edge. Kemudian Anda akan melihat tautan ke opsi Advanced. Klik pada tautan tersebut untuk membuka halaman Storage usage and app reset.

Langkah 3: Pada halaman Storage usage and app reset ini, Anda akan diberikan dua pilihan: Repair dan Reset. Opsi Repair atau perbaikan dapat memperbaiki browser Microsoft Edge tanpa menghapus data Anda. Sementara itu, opsi Reset ini akan mereset atau mengembalikan browser Microsoft Edge Anda ke pengaturan default dengan cara menghapus data Anda, termasuk riwayat browser, cookies, dan pengaturan Edge lainnya. Setelah memilih antara Repair dan Reset Anda akan melihat kotak dialog konfirmasi. Klik Repair atau Reset (tergantung opsi yang Anda pilih sebelumnya), dan Windows pun akan mulai memperbaiki atau mereset browser Edge Anda.

Restart PC Windows 10 Anda jika diminta oleh sistem. Setelah itu, browser Edge Anda pun siap digunakan kembali.