News

Browser Opera Mini Untuk Android Kini Dilengkapi Dengan Fitur Video Offline

[Gambar: opera.com]
Apakah Anda sering berada di daerah yang koneksi internetnya jelek atau mahal? Jangan khawatir, kini browser Opera Mini untuk Android memiliki fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh video.

Itu artinya, jika Anda sedang berada di rumah atau mendapatkan akses WiFi yang bagus, Anda bisa mengunjungi situs-situs seperti Facebook, IMDB, dan Instagram lalu mengunduh video yang ada pada situs-situs tersebut langsung ke ponsel Anda. Ketika Anda sedang kehilangan sinyal atau ingin menghemat tagihan ponsel Anda, Anda dapat menonton video-video yang telah Anda unduh secara offline di waktu luang Anda.

Fitur ini dapat digunakan pada situs-situs seperti Facebook yang mendukung format .mp4, .webm, dll. Tetapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengunduh video di YouTube dan situs lainnya yang memiliki pemutar media sendiri. Untuk mengunduh video yang diinginkan, Anda cukup menekan sebuah tombol di bagian kanan atas ketika sedang menontonnya.

Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang berada di wilayah yang memiliki koneksi jelek atau bagi pengguna yang sedang mengunjungi lokasi yang tidak terjangkau koneksi internet—misalnya ketika sedang mudik ke kampung halaman. Nampaknya, Opera Mini ini memang lebih ditujukan kepada negara-negara berkembang seperti India atau Indonesia, di mana koneksi internetnya lamban dan harga kuota internetnya mahal.

Google juga baru-baru ini menambahkan fitur yang serupada pada aplikasi YouTube nya , dan memungkinkan penggunanya untuk mengunduh video offline YouTube pada jam-jam yang menawarkan biaya internet yang lebih murah. Facebook juga dikabarkan tengah menguji coba mode offline pada layanannya yang memungkinkan pengguna untuk mengsinkronisasi videonya dengan WiFi untuk ditonton secara offline.

Fitur ini sudah dapat dicoba di aplikasi Opera Mini for Android.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID