News

Browser Opera Versi Baru Dilengkapi VPN Gratis, Janjikan Permudah Akses Situs yang Diblokir

[Gambar: Instalasi Opera developer version di Mac OS]
Dari data StatCounter.com, setahun terakhir ini browser Opera bukanlah browser favorit kebanyakan orang, baik secara global maupun khusus untuk Indonesia. Jumlahnya tidak sampai 5% dari seluruh pengguna browser. Karena itu wajar jika Opera terus menambahkan fitur-fitur baru untuk menarik pengguna baru. Setelah meluncurkan Opera dengan dukungan pemblokir iklan secara alami (native), versi beta terbaru dari Opera dilengkapi dengan VPN.

VPN (Virtual Private Network) memang sudah banyak digunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir. Pemblokiran tersebut bisa jadi karena peraturan dari pemerintah, atau bisa juga karena situs tersebut yang membatasi hanya pengunjung dari negara tertentu saja yang bisa mengakses.

Umumnya untuk bisa mendapatkan akses VPN, seseorang harus berlangganan. Biayanya tentunya bervariasi. Batasannya juga bervariasi, baik berupa batasan bandwith, atau mungkin waktu akses.

Pada 20 April 2016, Opera mengumumkan bahwa browser versi developernya telah ditambahkan dukungan VPN. Secara default fitur ini memang belum aktif, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu di menu Preferences.

Jika fitur VPN ini telah diaktfikan, Opera akan melewatkan semua aktifitas browsing pengguna melalui VPN milik Opera dengan alamat IP virtual. Dengan begitu selain (seharusnya) pengguna bisa mengakses situs-situs yang selama ini diblokir, aktifitas browsing pengguna juga menjadi sangat sulit diintip oleh mereka yang memiliki akses ke jaringan internet yang digunakan si pengguna.

Sayang sekali, ketika saya mencoba Opera versi developer ini, dan telah mengaktifkan fitur VPN-nya, hasilnya tidak seperti yang dijanjikan. Saya mencoba mengakses Reddit yang diblokir oleh jaringan internet yang saya gunakan, dan ternyata tetap tidak bisa diakses. Selain itu (demi tujuan pembuktian fitur ini) saya juga mencoba mengakses salah satu situs porno populer di AS, hasilnya sama saja, tetap terblokir.

Browser Opera yang saya gunakan adalah versi 38.0.2205.0.

[Gambar: Opera tetap gagal mengakses Reddit.com dengan fitur VPN yang sudah dinyalakan]
Tetapi untuk fitur pemblokiran banner iklannya bekerja dengan baik. Saya merasakan waktu muat (loading) situs Detik.com jauh lebih cepat daripada ketika saya mengaksesnya di browser lain yang tidak mempunyai fitur ini.

VPN dari Opera

Sekitar setahun lalu Opera mengakuisisi SurfEasy, sebuah perusahaan penyedia VPN yang berbasis di Kanada. Normalnya biaya berlanggakan layanan VPN dari SurfEasy ini adalah $3.99 per bulan. Namun dengan browser Opera versi developer ini, akses VPN diberikan secara gratis dan tanpa batasan kuota.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID