Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Ampuh Mencegah Pencuri Kuota Diam-diam Mengakses Wi-Fi Anda

[Foto: Shutterstock]
Memiliki Wi-Fi pribadi memang sangat membantu, karena Anda bisa menggunakannya kapan pun dan dimana pun Anda butuh. Biaya berlangganan koneksi 4G memang tidak murah, tapi dengan segala manfaat yang ditawarkan, apalagi jika Anda adalah seorang digital nomad, rasanya harga itu cukup sepadan. Tapi pasti Anda kesal bukan main ketika mendapati seseorang diam-diam mencuri kuota Anda. Lebih gawatnya lagi, kalau mereka bisa terhubung ke jaringan yang sama dengan Anda, akan menjadi lebih mudah bagi mereka untuk mengintip aktivitas browsing Anda dan file tersimpan di perangkat Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengamankan koneksi Wi-Fi sekaligus privasi Anda? Untungnya, menjaga agar pencuri menjauhi jaringan Wi-Fi Anda tidaklah sulit dan tidak memerlukan pendidikan khusus di bidang IT. Inilah yang perlu Anda lakukan.

Terus ganti kata sandi Anda

Sejauh ini cara termudah untuk menjauhkan pencuri kuota dari jaringan nirkabel Anda adalah dengan mengubah kata sandi Wi-Fi secara bekala. Anda perlu melakukan ini melalui pengaturan router Anda. Mungkin Anda perlu melihat kembali buku manual atau mencari di Google untuk menemukan petunjuk untuk mengubah password di router atau mini router Anda.

Pakailah kata sandi yang tidak mudah dilupakan bagi Anda, dan tidak mungkin ditebak bagi orang lain, dan jaringan Wi-Fi Anda akan aman. Anda memang bakal agak repot ketika harus menghubungkan kembali semua perangkat dan komputer ke jaringan Wi-Fi Anda, namun hal tersebut layak dilakukan untuk membuat jaringan tetap aman. Pilih sesuatu yang penting bagi Anda, seperti tanggal jadian, tanggal menikah, atau nama kucing peliharaan Anda sewaktu kecil, yang sulit ditebak orang lain, jadi mudah bagi Anda untuk masuk dan mencegah pengunjung yang tidak diinginkan.

Kata sandi awal untuk router sering dicetak pada stiker yang dilekatkan pada perangkat itu sendiri, jadi mengubahnya akan mencegah pengguna lain untuk memata-matai kode keamanan. Jika kata sandi hanya ada di kepala Anda atau di tempat yang ama,  maka tidak ada orang lain yang bisa terhubung sampai Anda memberi tahu mereka kata sandinya.

Namun sayangnya, hal itu tidak sepenuhnya benar. Beberapa router dilengkapi one-touch WPS (Wi-Fi Protected Setup), sehingga koneksi ke Wi-Fi dapat dilakukan dengan menekan tombol pada router. Jika Anda seseorang bisa melakukannya untuk mencuri koneksi, Anda biasanya bisa menonaktifkannya melalui pengaturan router.


Periksa pengaturan router Anda

Meskipun konfigurasi router Anda telah dibuka, beberapa pengaturan lainnya layak mendapat perhatian. Pertama, ubah kata sandi default yang digunakan untuk mengakses halaman pengaturan router untuk menghentikan siapa saja yang mungkin mendapatkan akses ke jaringan Anda, sehingga mereka bisa mengubah sandi Wi-Fi. Seperti yang akan Anda sadari saat mengakses setelan router untuk pertama kalinya, Anda memerlukan kata sandi untuk masuk ke menu, dan kata sandi lain untuk terhubung ke Wi-Fi, sehingga mengubah keduanya memberi Anda perlindungan maksimal.

Jangan lupa juga lakukan update berkala, yang akan memastikan router Anda bekerja dengan sistem operasi terbaru yang paling aman. Sekali lagi, dengan banyaknya model-model baru di pasaran, kami tidak bisa memberikan instruksi untuk masing-masing router. Namun Anda bisa membuka buku manualnya.

Di bagian lain di pengaturan router, Anda bisa menemukan daftar layar perangkat yang sedang tersambung ke Wi-Fi Anda: adakah yang ada yang tidak Anda kenal? Anda biasanya memiliki pilihan untuk memutuskan koneksi dengan semua atau salah satu perangkat, tergantung pada jenis router yang Anda miliki.

Yang juga penting, Anda harus bisa menemukan setting yang ‘menyembunyikan’ jaringan Anda (istilah teknisnya adalah SSID atau service set identifier) ​​dari tampilan Wi-Fi yang tersedia, jadi jarinagn Anda tidak akan muncul saat tetangga Anda atau orang lain memindai Wi-Fi di komputer atau perangkat. Jika Anda perlu menghubungkan perangkat baru, Anda harus memasukkan SSID secara manual. Cukup merepotkan, tapi ini adalah trik yang dapat membantu Anda aman dari hacker dan pencuri koneksi Wi-Fi.

Tip keamanan lainnya

Jika Anda menginginkan bantuan tambahan untuk melihat siapa saja yang terhubung di jaringan Anda—yang tidak diinginkan, coba gunakan aplikasi Fing untuk Android atau iOS, Acrylic Wi-Fi untuk Windows, atau Who Is On My Wi-Fi untuk macOS. Semua aplikasi tersebut gratis (untuk penggunaan non-komersial), dan mudah dinavigasi walau oleh pemula sekalipun. Berbagai aplikasi lain juga tersedia untuk fungsi yang sama.

Menginstal VPN di komputer Anda tidak terlalu bermanfaat dalam hal menghentikan orang agar tidak terhubung ke Wi-Fi Anda, namun menambahkan lapisan enkripsi tambahan antara Anda dan web—sehingga siapa pun yang berhasil mendapatkan akses ke Wi-Fi Jaringan Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih sulit untuk mengintip aktivitas Anda (situs web mana saja yang Anda kunjungi, data yang Anda kirim dan sebagainya). Walaupun VPN kemungkinan akan sedikit memperlambat kecepatan koneksi Anda, namun tetap membuat Anda jauh lebih aman. Pastikan memilih layanan VPN berbayar yang memiliki reputasi baik.

Yang terakhir, jika komputer Anda cukup dekat kepada router untuk memasangnya secara langsung, dan Anda memiliki penerimaan seluler yang kuat di telepon Anda, Anda bisa mematikan Wi-Fi di router Anda sesekali, yang bisa dilakukan melalui Pengaturan router pada semua kotak modern. Tidak ada yang bisa mencuri jaringan Wi-Fi Anda jika dimatikan.