Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Backup Pesan-Pesan Lama WhatsApp pada Android dan iPhone

[Foto: droid-life.com]
Bagi Anda yang baru ganti handphone, tentunya Anda ingin pesan-pesan yang ada pada aplikasi messenger Anda langsung tersinkronisasi dengan HP baru Anda. Bagi pengguna WhatsApp, Anda bisa dengan mudah memindahkan pesan-pesan WhatsApp dari HP lama ke HP baru. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengembalikan Riwayat Percakapan WhatsApp ke iPhone Baru.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mem-backup pesan WhatsApp pada iPhone, namun cara yang paling mudah adalah menggunakan fitur backup dari iCloud. Untuk melakukannya, jalankan aplikasi WhatsApp pada perangkat lama Anda. Setelah itu, masuk ke dalam menu Settings -> Chat -> Chat Backup. Kemudian, pilih opsi Backup Now. Pada iPhone baru Anda, reinstall WhatsApp, konfirmasi nomor telepon Anda (harus sama dengan nomor yang dipakai di iPhone lama), lalu Anda pun akan ditawarkan untuk mengembalikan riwayat percakapan WhatsApp Anda yang lama.


Memindahkan Riwayat Percakapan WhatsApp ke Perangkat Android baru.

Cara termudah untuk mem-backup dan mengsinkronisasikan pesan WhatsApp antara perangkat Android adalah dengan menggunakan Google Drive. Selain gratis, aplikasi ini biasanya tersedia dan mendukung semua ponsel Android. Anda juga bisa menggunakan kartu MicroSD pada ponsel Anda, tapi pastikan bahwa kartu MicroSD tersebut dapat dimasukkan juga ke dalam ponsel baru Anda.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa kedua ponsel sudah memiliki aplikasi Google Drive dan log in dengan akun Google yang sama. Kemudian jalankan aplikasi WhatsApp pada perangkat Android Anda yang lama. Ketuk menu (berupa ikon tiga titik) yang terletak di pojok kanan atas layar, lalu pilih menu Settings -> Chats -> Chat Backup. Setelah itu, pilih opsi untuk mem-backup riwayat percakapan WhatsApp Anda ke Google Drive.

Sekarang, buka perangkat Android Anda yang baru, lalu verifikasi akun WhatsApp Anda dengan nomor telepon Anda. WhatsApp secara otomatis akan menanyakan apakah Anda ingin mengembalikan pesan-pesan WhatsApp Anda dari backup Google Drive. Pilih backup yang terbaru, kemudian pesan lama Anda pun akan disinkronisasikan pada perangkat baru Anda.