Tips & Guide

Cara Belanja Online di Tokopedia untuk Anda yang Awam

Di era zaman serba digital ini, kemudahan dalam berbelanja sudah tidak perlu diragukan lagi. Hanya tinggal klik dan barang segera diantar ke rumah. Misalnya, Tokopedia sebagai toko online terbesar di Indonesia ini menyediakan banyak barang beragam yang super lengkap.

Bahkan beberapa brand resmi turut membuka toko di Tokopedia, seperti Smartfren dan Sony. Makanya kamu udah gak perlu ragu lagi deh sama pelayanan toko online ini. Nah, berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk berbelanja di Tokopedia.

Langkah 1: Masuk Akun

Sumber: www.tokopedia.com

Bila sudah memiliki akun Tokopedia, silahkan klik ‘Masuk’ lalu masukkan alamat email dan kata sandi kemudian klik ‘Masuk ke Tokopedia’. Selanjutnya laman secara otomatis menggiring kamu ke halaman pengguna.

Jika belum memiliki akun, kamu dapat memilih dengan klik ‘Daftar’. Untuk mempermudah kamu bisa mendaftar dengan menghubungkan akun Facebook atau Google ke Tokopedia. Selanjutnya laman akan membawa mu untuk mengisi detail informasi.

Namun kamu dapat mendaftra secara manual dengan mengisi nama lengkap, nomor telepon, alamat email dan kata sandi. Lalu klik ‘Daftar’. Selanjutnya cek email kamu untuk melakukan konfirmasi.

Baca Juga:  Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjual Ponsel Android Bekas Anda

Langkah 2: Cari Barang

Kalau kamu sudah masuk ke akun Tokopedia sekarang kamu dapat mencari barang yang kamu mau di kolom pencarian. Atau bisa melihat-lihat berdasarkan kategori, tersedia puluhan kategori barang sesuai keinginan kamu.

Langkah 3: Kustomisasi Pencarian

Tokopedia memberikan pengalaman berbelanja yang tiada tara. Kamu dapat mengatur pencarian dengan menyuntingnya berdasarkan urutan yang kamu inginkan. Detailnya berikut ini:


  • Paling Sesuai, barang akan diurutkan sesuai dengan yang kamu cari.
  • Ulasan, barang akan diurutkan sesuai dengan ulasan terbanyak.
  • Penjualan, barang akan diurutkan sesuai dengan penjualan terbanyak.
  • Termurah, barang akan diurutkan dari harga termurah hingga termahal.
  • Termahal, barang akan diurutkan dari harga termahal hingga termurah.
  • Terbaru, barang akan diurutkan dari yang terbaru dibagikan oleh penjual.

Selain itu, kamu juga dapat mengaturnya berdasarkan warna barang, lokasi penjual, dukungan pengiriman, kondisi (bekas atau baru), toko (gold atau official), rating, dan sebagainya. Melalui kustomisasi pencarian ini kamu akan semakin cepat menemukan barang yang diinginkan dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Aplikasi Photos yang Lemot ketika Dibuka Pada Windows 10

Langkah 4: Melakukan Pembelanjaan

Jika sudah menemukan barang yang dicari, kamu dapat meletakkannya dulu di wishlist atau kumpulan barang yang ingin kamu beli dengan mengklik ‘Tambahkan ke Wishlist’. Bila memang sudah ingin membeli maka silahkan klik ‘Beli’ maka laman otomatis membawa kamu ke detail pengiriman.

Langkah 5: Isi Data Pengiriman

Masukkan detail pengiriman yang kamu inginkan, seperti berapa jumlah barang yang mau kamu beli, dan alamat tujuan pengiriman. Tersedia juga jenis kurir pengiriman, misalnya Pos Indonesia, JNE, TIKI, J&T dan Go-Send. Bila ingin barang sampai dihari yang sama kamu dapat memanfaatkan layanan Go-Send atau Grab.

Silahkan klik ‘Beli Produk Ini’ untuk melakukan proses pembayaran.

Langkah 6: Melakukan Pembayaran

Tokopedia menyediakan beragam jenis pembayaran, seperti kartu kredit, debit ataupun online banking. Namun yang perlu kamu ketahui, proses pembayaran via debit akan memakan waktu setidaknya 1×24 jam sementara online banking akan langsung diproses saat itu juga.

Barang tidak akan dikirim ke pembeli selama Tokopedia belum memverifikasi pembayaran. Kamu dapat memverifikasi pembayaran secara manual dengan mengirimkan foto bukti struk pembayaran juga.

Baca Juga:  10 Smartphone Tahan Air yang Bisa Jadi Andalan Selama Liburan

Langkah 7: Berikan Rating dan Review

Setelah pembayaran diverifikasi, kamu tinggal menunggu proses pengiriman saja. Jika barang sudah sampai di tangan kamu cek terlebih dahulu karena bila ada barang dengan segel rusak dapat kamu klaim ke Tokopedia. Bila barang utuh dan tidak bermasalah silahkan konfirmasi kamu telah menerima paket dan berikan lalu serta review kepada penjual yah!