Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Berbagi Album Foto dengan Mudah Melalui iCloud

[Gambar: apple.com]
Saling berbagi foto dengan rekan atau keluarga sebenarnya merupakan hal yang relatif mudah untuk dilakukan, namun karena berbagai faktor seperti kurangnya informasi, seringkali aktivitas ini menjadi sedikit merepotkan dan sulit untuk dilakukan. Bagi pengguna iOS atau Mac, aktivitas ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dengan bantuan iCloud. Bahkan, pengguna Windows juga bisa turut berbagi foto dengan metode yang satu ini. Berikut ini langkah-langkah mudah untuk berbagi album foto melalui iCloud.


  • Pertama, pastikan bahwa Anda menggunakan OS versi terbaru pada perangkat iOS Anda. Cara untuk mengeceknya adalah masuk ke aplikasi Settings -> General -> Software Update. Jika Anda belum menggunakan versi iOS yang terbaru, saya menganjurkan kepada Anda untuk segera memperbaharuinya demi kinerja yang lebih optimal. Setelah itu, pastikan juga bahwa Anda telah log in ke dalam akun iCloud Anda.
  • Kemudian, pastikan bahwa Anda telah mengaktifkan fitur  iCloud sharing. Untuk melakukannya, masuk ke dalam aplikasi Settings -> iCloud -> PhotosKemudian, di bagian bawah layar, aktifkan opsi iCloud Photo Sharing. Khusus bagi pengguna Mac, Anda harus masuk ke System Preferences -> iCloud -> OptionsLalu, pastikan Anda telah memberi tanda centang pada opsi iCloud Photo Sharing. Bagi pengguna Windows, Anda harus mengunduh iCloud for Windows  untuk mengaktifkan fitur ini.
  • Untuk membuat album foto iOS yang bisa dibagi, masuk ke dalam aplikasi Photos -> SharedKetuk tombol plus (+) untuk membuat album baru, kemudian ketikkan judul/nama album foto tersebut.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengundang orang-orang yang ada di daftar kontak Anda pada album tersebut. Gunakan nomor iMessage atau alamat email kontak Anda untuk menambahkan orang tersebut ke dalam album. Setelah selesai, tekan tombol CreatePerlu dicatat, Anda hanya bisa menambahkan maksimal 100 kontak ke dalam album foto tersebut.
  • Setelah album tersebut berhasil dibuat, Anda bisa masuk lagi dan menambahkan kontak lain. Buka album tersebut, kemudian ketuk tab People. Anda bisa mengundang lebih banyak orang, menghapus seseorang dari shared album, membuat album foto itu menjadi publik di iCloud.com, menyalakan dan mematikan notifikasi pada album tersebut, dan menghapusnya. Pengguna bisa mengakses shared album tersebut melalui iPhone, iPad, atau Mac. Meskipun Anda tidak bisa mengundang pengguna Android untuk berkontribusi atau menambahkan foto ke dalam album, namun Anda tetap bisa membagikan album tersebut kepada mereka dengan cara membuat album foto tersebut menjadi publik di iCloud.com. Hanya orang yang mempunyai link tersebut yang bisa melihat isi album tersebut.

Perlu dicatat, setiap album memiliki batasan 5 ribu foto dan video, namun Anda bisa menghapus foto-foto yang tidak dibutuhkan untuk menghemat tempat penyimpanan. Tapi, yang bisa melakukannya hanyalah pembuat album foto tersebut. Orang-orang lain yang ada di album foto tersebut hanya bisa menghapus foto atau video yang mereka posting sendiri.

Untuk menambahkan foto yang telah Anda potret dengan iPhone Anda, buka album foto tersebut kemudian ketuk tombol plus (+) untuk mengunggah foto dari ponsel Anda ke dalam album tersebut. Interaksi pada fitur berbagi foto ini hanya terbatas pada likes dan comments. Ketika Anda membuka sebuah foto, Anda bisa melihat siapa yang menyukai, mengomentari, atau mengunggah foto tersebut.