Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Kembalikan File di Andorid yang Tidak Sengaja Terhapus

Menghapus berbagai file seringkali dilakukan oleh para pengguna smartphone untuk menghindari penumpukan data pada memori internal dan eksternal yang dimiliki. Namun, ada kalanya Anda tidak sengaja menghapus file yang sangat penting dan berguna.

Masalah di atas banyak terjadi di kalangan pengguna smartphone Android, dimana mereka sering mengalami masalah kehilangan file karena tidak sengaja terhapus. Hal yang lebih parah lagi adalah file yang terhapus tersebut belum memiliki salinan atau tidak di backup sebelumnya.

Bisakah mengembalikan data yang hilang tersebut?

Tentu bisa, kali ini saya akan membagikan kepada Anda tentang langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus di Android.

1.Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh software FonePaw Android Recovery.

2.Jika sudah, langkah selanjutnya adalah membuka software FonePaw Android Recovery. Kemudian koneksikan smartphone Android ke PC, jika tidak bisa Anda bisa menghubungkannya secara manual.

3.Akan muncul beragam pilihan untuk Anda pilih, kemudian pilih jenis file yang akan dikembalikan melalui FonePaw Android Recovery.

Baca Juga:  Android O Versi Developer Preview Sudah Rilis, Ini Dia Beberapa Fitur Barunya

4.Setelah itu, Anda bisa melihat file yang telah terhapus tersebut dipindai menggunakan FonePaw Android Data Recovery. Selanjutnya, pilih file yang ingin dikembalikan dan kemudian klik “Recover”.

5.Selanjutnya, tinggal menunggu file yang dipilih tadi kembali ke folder PC.


Selain cara di atas, ada cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Pasti Anda sering mengalami kehilangan file foto, musik, dan video saat menggunakan smartphone Android. Hal tersebut terjadi secara tidak sengaja atau pun disengaja.

Ikuti langkah di bawah ini agar Anda bisa mengembalikan file yang telah terhapus tersebut.

-Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh software Recuva terlebih dahulu.

-Jika software sudah diunduh, kemudian sambungkan kartu memori Android dengan komputer melalui Card Reader. Masukkan terlebih dahulu kartu memori ke PC, sebelum membuka software Recuva

-Langkah selanjutnya, Anda tinggal memilih salah satu pilihan yang disediakan di Recuva.

-Kemudian, pilih dimana lokasi file yang akan dicari. Caranya adalah dengan klik “In a Specific Location”.

Baca Juga:  LG Berencana Rilis Ponsel Dengan OS Android Nougat yang Pertama Pada Bulan September

-Jika sudah, browse untuk bisa menentukan letak lokasi dan kilk “next”.

-Jangan lupa untuk memilih Enable Deep Scan dan selanjutnya klik “start”.

-Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses memindai file yang terhapus

-Jika proses pemindaian telah selesai, maka Recuva akan menampilkan beragam file yang sudah terhapus. Pilih file yang akan dikembalikan dan klik “Recover”.

Bagaimana mudah sekali bukan?

Cara di atas membutuhkan software yang harus Anda download terlebih dahulu di PC agar bisa mengembalikan file yang hilang. Dengan mengembalikan file yang hilang, maka setiap foto, video, dan file lain yang Anda anggap penting bisa digunakan kembali seperti semula.

Hal yang lebih penting lagi adalah kedua cara di atas tidak memerlukan Anda untuk melakukan root pada smartphone Android.

Semoga pembahasan yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda masih memiliki cara yang lain untuk mengembalikan file yang hilang di smartphone, maka jangan ragu untuk berbagi kepada kami dan pembaca yang lain.

Baca Juga:  Trik Mudah Memperbaiki Headphone yang Tidak Nyala

Semoga informasi di atas bisa menginspirasi Anda semua yang merasa bingung saat ingin mengembalikan file yang hilang pada smartphone Android.

Selamat mencoba!