Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Kembalikan SMS yang Terhapus

Meskipun saat ini SMS sudah sangat jarang dimanfaatkan orang-orang untuk berkirim pesan, masih ada beberapa orang yang tetap setia menggunakan cara ini.

Jika Anda salah satu penggunanya dan sering tidak sengaja menghapus pesan-pesan SMS yang penting. Maka, langkah-langkah mengembalikan pesan di bawah ini perlu Anda simak dengan baik.

Bagaimana caranya?

1. Gunakan Aplikasi Wondershare Dr.Fone

-Langkah pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Wondershare Dr.Fone pada PC.

-Kemudian, buka “Settings” di dalam Android dan klik pilihan “Developer Options”, kemudian centang pilihan USB Debugging.

-Jika Anda tidak bisa menemukan pilihan “Developer Options”, maka pilih “About Phone”, kemudian klik pada pilihan “Build Number” sampai muncul pesan You Are Now a Developer.

-Buka aplikasi Dr.Fone di PC dan hubungkan perangkat Android ke PC menggunakan kabel micro USB, tunggu sampai aplikasi Dr.Fone mengenali perangkat Android Anda. Tekan pilihan “Allow” saat ada pesan yang muncul di layar Android.

-Klik pilihan tombol “Start” untuk melakukan scanning dari data-data yang telah terhapus pada Android. Proses scanning akan memakan banyak waktu apabila banyak sekali data yang ada di dalam Android.

-Langkah selanjutnya adalah pilih “Messaging” untuk memilih pesan SMS yang akan dikembalikan, Anda hanya perlu melakukan centang pada check box pesan yang ingin dikembalikan. Sebelum melakukan proses pengembalian pesan, ada baiknya melakukan review terhadap pesan yang terhapus.


-Jika sudah yakin dengan pesan SMS yang akan dikembalikan, maka Anda bisa memilih tombol “Recovery”. Aplikasi akan mulai berjalan dan pesan-pesan yang terhapus pada akhirnya bisa Anda gunakan kembali.

2. Memakai MyJad Android SMS Recovery

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat terkenal sebagai aplikasi untuk mengembalikan pesan SMS yang telah terhapus pada Android. Sesuai dengan namanya aplikasi ini dibuat khusus untuk menegmbalikan pesan SMS yang telah terhapus.

-Pertama, Anda perlu mengunduh dan instal aplikasi ini pada PC.

-Jika sudah diinstal, maka bukalah aplikasi dan hubungkan dengan perangkat Android menggunakan kabel micro USB. Jangan lupa untuk mengaktifkan pilihan “USB Debugging”, caranya sama seperti di atas.

-Anda perlu menunggu perangkat Android mendeteksi aplikasi, disaat Android sudah terdeteksi, maka aplikasi akan secara otomatis melakukan proses pemindaian dalam perangkat Android.

-Kemudian klik pilihan “Message” jika proses pemindaian telah selesai dilakukan.

-Pilihlan pesan yang ingin Anda kembalikan dengan cara mencentang pilihan pada kotak check box yang ada. Pesan yang terhapus berwarna merah dan pesan yang berwarna hitam artinya berada pada perangkat Android.

-Jika sudah memilih pesan yang akan dikembalikan, Anda bisa memilih “Recovery”. Maka proses mengembalikan SMS akan dimulai dan Anda perlu menunggu beberapa saat.

-Klik “OK” disaat muncul pesan bahwa proses pengembalian pesan telah selesai dilakukan. Anda bisa mulai mencabut perangkat Andoid dari PC. Selanjutnya Anda bisa melihat kembali pesan SMS yang telah dihapus pada perangkat Android Anda.

Bagaimana cukup mudah untuk dilakukan bukan?

Dengan langkah di atas, Anda tidak perlu takut lagi jika pesan SMS penting tidak sengaja terhapus karena telah ada aplikasi yang sangat membantu dalam hal ini.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Selamat mencoba!