Home  »  Review   »  
Review

Cara Konversi Suara Jadi Teks pada Program Microsoft Office dengan Add-In Dictate

[Gambar: microsoft.com]
Microsoft Office atau Office 365 merupakan rangkaian program produktivitas yang paling populer untuk sistem operasi Windows. Rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa ada jutaan pengguna di dunia yang menggunakan program seperti Office Word, Office Outlook, atau Office PowerPoint dalam kehidupan sehari-harinya. Selain user-friendly,  program-program yang terangkum dalam Microsoft Office memang memiliki begitu banyak fitur yang berguna. Salah satunya adalah fitur speech-to-text yang memungkinkan Anda untuk mendiktekan sesuatu yang kemudian akan dikonversikan menjadi berbagai dokumen teks, seperti email atau file Word.

Ada banyak program-program berbayar yang menawarkan fitur semacam ini pada sistem operasi Windows. Namun, jika Anda tidak mau membayar untuk program-program speech recognition tersebut, tool bernama Dictate dari tim Microsoft Garage bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Dictate ini merupakan add-in gratisan untuk program Office Word, PowerPoint, dan Outlook yang memungkinkan penggunanya untuk mengkonversikan suara Anda ke dalam teks. Tool ini memanfaatkan teknologi speech recognition pada Cortana untuk mengkonversi ucapan menjadi teks.


Sejauh ini, Dictate sudah mendukung lebih dari 20 bahasa dan menawarkan fitur real time translation ke 60 bahasa. Ini artinya, Anda juga bisa menggunakan Dictate untuk menulis/mengetik dalam bahasa asing yang tidak Anda ketahui. Misalnya, Anda bisa menggunakan Dictate untuk menuliskan kata dalam bahasa Perancis meskipun yang Anda ucapkan adalah bahasa Inggris. Praktis, bukan?

Ada beberapa perintah yang bisa Anda gunakan, seperti “new line” untuk mengarahkan kursor ke baris baru, “stop dictation”, “delete” untuk menghapus baris terakhir yang Anda diktekan, “full stop” untuk mengetikkan tanda titik, “question mark” untuk mengetikkan tanda tanya, dan “Enter” untuk memberikan kontrol pada Anda.

Add-in ini tersedia pada Office 2013 dan Office 2016 dengan versi  32-bit dan 64-bit. Dictate juga kompatibel dengan sistem operasi Windows 8.1 dan Windows 10. Sayangnya, untuk saat ini add-in Dictate tidak tersedia pada perangkat Mac OS dan iOS.

Cara mengunduh dan menggunakan Dictate pada PC Anda

Langkah 1: Kunjungi halaman ini untuk menemukan link unduh Dictate.

Langkah 2: Setelah berhasil diunduh, jalankan file Setup Dictate untuk menginstallnya.

Langkah 3: Jalankan program Word, PowerPoint atau Outlook, lalu masuk ke dalam tab Dictation.

Langkah 4: Klik Start, lalu mulailah mendikte. Setelah mengatakan sebuah kalimat atau sebuah kata, berhenti dulu sejenak untuk mengecek teks yang tertulis. Harap diingat, penggunaan Dictate membutuhkan koneksi internet. Ini artinya, Anda tidak akan bisa menggunakan Dictate jika PC Anda tidak terhubung ke koneksi internet. Terakhir, pastikan PC Anda sudah dilengkapi dengan mic. Jika tidak, Anda bisa menggunakan mic eksternal.

Untuk meng-uninstall Dictate, masuk ke dalam Control Panel -> Programs & Features, lalu pilih Dictate dan klik tombol Uninstall.