Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Melihat Tanggal Instalasi Program dan Aplikasi pada PC Windows 10

[Gambar: microsoft.com]
Apakah Anda ingin mengetahui tanggal instalasi pada sebuah aplikasi yang diinstall melalui Windows Store di Windows 10 untuk mengetahui kapan masa trial aplikasi tersebut berakhir? Atau mungkin Anda mau mengecek tanggal Anda menginstall sebuah program klasik pada PC Windows 10? Apapun tujuan Anda, dalam artikel ini kita akan melihat bagaimana cara mudah untuk melihat tanggal install sebuah aplikasi atau program di PC Windows 10.

Secara umum, terdapat dua metode yang bisa Anda gunakan untuk mengecek install date program di Windows 10. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Settings atau melalui menu Control Panel. Namun, perlu diingat bahwa Control Panel hanya mendukung program desktop biasa, bukan aplikasi yang diinstall melalui Store. Oleh karenanya, Anda tetap harus menggunakan aplikasi Settings untuk mengetahui tanggal sebuah aplikasi dinstall melalui Store.

Berikut ini dua metode untuk mengecek tanggal instalasi aplikasi dan program di Windows 10.

Metode 1

Melihat tanggal instalasi aplikasi dan program melalui menu Settings


Langkah 1: Buka aplikasi Settings dengan mengklik ikonnya yang ada di sisi kiri Start menu, atau secara bersamaan menekan tombol logo Windows dan huruf I pada keyboard (hotkey logo Windows + I).

Langkah 2: Pada layar utama aplikasi Settings, klik ikon System.

Langkah 3: Klik Apps & Features untuk melihat semua aplikasi dan program yang telah terinstall beserta tanggal instalasinya. Jika Anda ingin menyortir daftar tersebut berdasarkanwaktu instalasi program dan aplikasinya, silahkan pilih Sort by install date dari menu drop-down. Tanggal instalasi dapat Anda lihat di samping kanan nama aplikasi / program yang dimaksud.

Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi Settings sebenarnya menganggap waktu terakhir kali Anda meng-update aplikasi / program tersebut sebagai install date alias tanggal instalasi. Misalnya, jika saya menginstall sebuah aplikasi / program pada tanggal 6 Mei 2017, lalu meng-update aplikasi / program tersebut pada tanggal 7 Mei 2017, maka Windows akan menampilkan tanggal 7 Mei sebagai tanggal saya menginstall aplikasi . program tersebut.

Metode 2

Melihat tanggal instalasi program melalui menu Control Panel

Langkah 1: Ketik Control Panel di kolom pencarian Start menu atau taskbar, kemudian tekan tombol Enter untuk membuka Control Panel.

Langkah 2: Ubah tampilan pada View by ke Small icons, lalu klik opsi Programs and Features.

Langkah 3: Di sini, Anda bisa melihat tanggal instalasi untuk semua program yang diinstall. Jika Anda tidak bisa melihat kolom Installed Date, klik More Options lalu pilih tampilan Details. Jika kolom Installed date tidak muncul juga pada tampilan Details, klik kanan pada toolbar kemudian klik opsi Installed on.

Selamat mencoba!