Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mematikan Koneksi Wi-Fi ketika Terhubung ke Kabel Ethernet

[Foto: pcadvisor.co.uk]
Pekerja kantoran tentunya sudah tidak asing lagi dengan kabel ethernet. Seperti kebanyakan orang, biasanya ketika sedang di kantor laptop akan terhubung ke internet melalui kabel ethernet. Ketika sedang berada di rumah atau di tempat umum, yang biasa digunakan adalah koneksi Wi-Fi. Meskipun di tempat kerja biasanya ada juga koneksi Wi-Fi, namun menggunakan kabel ethernet bisa lebih menguntungkan karena bisa menghemat baterai laptop dan juga koneksinya lebih cepat dari koneksi Wi-Fi pada umumnya.

Ketika Anda terhubung ke kabel Ethernet untuk PC Windows 10 yang telah terhubung ke jaringan Wi-Fi, alih-alih menggunakan jaringan Wi-Fi, Windows 10 secara otomatis akan menggunakan koneksi Ethernet. Masalahnya, Windows 10 tidak secara otomatis mematikan koneksi Wi-Fi ketika Anda terhubung ke kabel ethernet. Anda harus mematikan koneksi Wi-Fi secara manual untuk menghemat baterai. Selain itu, bukankah akan sangat praktis jika Windows 10 bisa secara otomatis mematikan Wi-Fi Anda ketika kabel Ethernet terhubung ke laptop Anda? Kabar baik untuk Anda, karena sebenarnya Windows 10 memberikan opsi bagi Anda untuk secara otomatis mematikan Wi-Fi ketika Anda terhubung ke kabel Ethernet melalui PC Windows 10 Anda. Namun, perlu dicatat bahwa opsi untuk secara otomatis mematikan koneksi Wi-Fi ketika terhubung ke kabel Ethernet mungkin tidak tersedia dalam laptop Anda. Ini dikarenakan tidak semua network adapter mendukung fitur ini.


Cara mematikan adapter Wi-Fi ketika kabel Ethernet terhubung ke Windows 10

Beginilah cara untuk mengkonfigurasi Windows 10 untuk bisa mematikan Wi-Fi secara otomatis ketika tehubung ke kabel Ethernet.

Langkah 1: Klik kanan pada ikon wireless / network pada system tray, kemudian klik Open Network and Sharing Center.

Langkah 2: Pada bagian View your active networks, klik pada ikon koneksi Wi-Fi yang sedang terhubung pada laptop Anda untuk membuka informasi status Wi-Fi. Jika PC Anda sedang terhubung pada koneksi Ethernet, silahkan sambungkan laptop Anda ke jaringan Wi-Fi terlebih dahulu, lalu ulangi langkah di atas.

Langkah 3: Klik tombol Properties untuk melihat kotak properties Wi-Fi.

Langkah 4: Di dalam tab Networking pada kotak Wi-Fi properties, klik tombol Configure. Kemudian kotak properties untuk network adapter pun akan terbuka.

Langkah 5: Pada Propertymasuklah ke tab Advanced kemudian cari opsi dengan tulisan Disable Upon Wired Connect. Pilih opsi Enabled dari drop-down Value yang ada di sisi kanan. Kemudian klik tombol OK ketikas sudah selesai.

Harap diingat, jika tidak ada opsi Disable Upon Wired Connect pada PC Anda, maka itu artinya network adapter Anda tidak mendukung fitur ini. Silahkan mencoba metode berikutnya jika itu yang Anda alami.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk secara otomatis mematika Wi-Fi ketika terhubung dengan Ethernet

Jika metode sebelumnya tidak bisa Anda gunakan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti BridgeChecker. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mematikan koneksi Wi-Fi pada PC Anda ketika tengah terhubung dengan kabel ethernet.