Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membackup URL pada Semua Tab yang Sedang Dibuka pada Browser Microsoft Edge

Sebelumnya, saya sudah pernah membahas cara untuk menyalin semua URL pada tab browser Mozilla Firefox. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang akan me-reinstall browser dan ingin mem-backup URL yang sedang dibuka pada saat itu. Lalu, bagaimana dengan pengguna browser lain, seperti misalnya Microsoft Edge? Tenang saja, Anda juga bisa dengan mudah menyalin semua URL yang terbuka pada tab browser Edge Anda.

Tidak seperti browser Mozilla Firefox, tidak tersedia extension maupun add-on yang bisa membantu Anda untuk melakukannya. Selain itu, cara ini hanya berlaku bagi pengguna Windows 10 Creators Update ke atas. Hal ini dikarenakan hanya pada Windows versi itulah terdapat fitur Keep Tab Aside pada browser Microsoft Edge. Bagi yang tidak menggunakannya, alternatif yang bisa dilakukan adalah menyalin secara manual semua URL tersebut.


Menyalin atau membackup URL yang terbuka di semua tabs Microsoft Edge di Windows 10 

Langkah 1: Pada browser Microsoft Edge, biarkan tab yang ingin Anda salin atau backup.

Langkah 2: Sekarang, klik tombol Keep tabs aside. Tombol tersebut terletak tepat di atas tombol forward dan back pada browser Edge. Bagi Anda yang belum familiar dengan fitur ini, Keep tabs aside memungkinkan Anda untuk mengatur tab dengan menyimpannya ke sisi dan hanya fokus pada tab yang sedang Anda kerjakan.

Langkah 3: Klik tombol See the tabs you have put aside untuk melihat semua tab yang telah Anda simpan  ke samping.

Langkah 4: Klik ikon tiga titik (di samping tombol close). Lalu, klik opsi Share tabs.

Langkah 5: Selanjutnya, klik Mail, OneNote atau aplikasi lain yang ingin Anda gunakan untuk mem-backup atau menyalin tab ini.

Jika Anda ingin mem-backup, pilihlah aplikasi Mail. Jika Anda sudah pernah menggunakan aplikasi Mail, maka ini secara otomatis akan membuat email baru. Simpan semua URL ini pada bagian konten, masukkan alamat email Anda, kemudian klik tombol Send.

Jika Anda ingin mengakses URL ini lagi, open email tersebut, tekan tombol Ctrl dan klik pada link untuk membukanya di browser default Anda.