Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Memblokir Iklan Online pada iPhone dan iPad Anda

[Foto: engadget.com]
Kebanyakan pengguna sepertinya setuju bahwa iklan yang muncul pada ponsel itu seringkali sangatlah mengganggu. Tidak hanya Android saja, perangkat iOS juga seringkali merasakan hal yang sama. Sebagai solusinya, muncullah aplikasi-aplikasi untuk meblokir iklan yang muncul di layar ponsel Anda. Bahkan, Anda juga bisa memilih untuk membiarkan iklan-iklan tertentu dan memblokir iklan lainnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memblokir iklan, ingatlah bahwa iklanlah yang menghidupi para creators dan media yang menyajikan konten kepada Anda setiap harinya. Sehingga bisa dibilang online ads  merupakan bagian terpenting pada perekonomian online modern. Jika Anda sudah memahami hal tersebut dan tetap terganggu dengan iklan yang muncul setiap saat, maka tenang saja karena sebenarnya sangat mudah untuk memblokir iklan pada browser Safari di iPhone maupun iPad Anda.

Cara menginstall aplikasi Ad Block pada iPhone dan iPad

Aplikasi-aplikasi ad-blocker bekerja melalui ekstensi Safari. Fitur ini sudah cukup lama ada dan tidak hanya digunakan untuk memblokir iklan-iklan yang mengganggu, Bahkan, terdapat sejumlah add-on yang tersedia untuk menyederhanakan pengalaman browsing Anda. Sementara itu, untuk menginstall sebuah ad-blocker sebelumnya Anda harus mendapatkannya terlebih dahulu dari App Store. Anda bisa memilih dari berbagai opsi, seperti AdBlock Plus (Gratis), Crystal Adblock, atau Better by Ind.ie.


Saya akan menjelaskan secara umum apa saja yang ada pada aplikasi-aplikasi ad-blocker seperti ini. Biasanya terdapat sebuah opsi untuk memblokir semua iklan yang muncul di browser Safari. Terdapat juga opsi untuk membiarkan iklan-iklan yang non-intrusive atau tidak mengganggu. Jadi, yang diblokir hanyalah iklan yang mengganggu dalam artian memenuhi layar ponsel Anda, berupa pop-up, dan sebagainya. Tidak berhenti sampai di situ, ada juga opsi untuk memasukkan website-website tertentu ke dalam whitelist, agar iklan yang ditampilkan pada website tersebut tidak diblokir dan tetap ditampilkan seperti biasa. Untuk menambahkan website favorit Anda, biasanya Anda cukup mencantumkan URL website tersebut ke dalam whitelist.

Mengaktifkan ad-blocker pada browser Safari

Untuk mengaktifkan aplikasi ad-blocker yang telah Anda install sebelumnya, Anda harus mengaktifkan dulu ekstensinya. Untuk melakukannya, masuk ke Settings -> Safari -> Content Blockers. Pengaturan seperti ini tidak akan muncul jika Anda belum mengunduh dan memasang aplikasi ad-blocker pada perangkat Anda. Di dalam menu Content Blocker, Anda bisa melihat daftar aplikasi ad-blocker yang telah terpasang pada perangkat Anda. Kemudian, pilih dan aktifkan salah satu aplikasi ad-blocker yang ingin Anda gunakan.

 

 

Setelah mengaktifkan aplikasi ad-blocker, iklan yang muncul di browser Safari Anda bisa dipastikan akan berkurang. Hal ini tentunya bisa membuat pengalaman browsing Anda menjadi semakin lancar dan hemat baterai. Perlu dicatat, hal ini hanya berlaku di browser Safari. Iklan-iklan yang muncul pada Facebook, Twitter, Instagram, maupun aplikasi lainnya tidak akan terpengaruh oleh aplikasi blocker tersebut.

Apakah aplikasi ad-blocker itu aman?

Jika Anda mendapatkannya dari App Store langsung, kemungkinan besar aplikasi tersebut aman. Hal ini dikarenakan Apple secara rutin akan memfilter aplikasi-aplikasi yang berbahaya kemudian menghapusnya dari App Store. Jika ragu, maka tengok saja kolom komentar dan review dari pengguna aplikasi tersebut.