Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Memblokir Iklan Pop-Up Pada Browser Android Anda

[Foto: wired.com]
Ketika sedang asyik internetan di smartphone, tidak jarang kita terganggu oleh kotak pop-up yang tiba-tiba muncul dan memenuhi layar smartphone. Hal ini sangatlah mengganggu dan mengesalkan, terutama jika kita tidak sengaja memencet pop-up tersebut ketika akan menutupnya. Meskipun memang tidak ada cara yang terjamin bisa sepenuhnya memblokir pop-up, namun setidaknya masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.


  • Jalankan browser Chrome yang merupakan default browser pada perangkat Android.
  • Tekan tombol More (ikon tiga titik) yang ada di pojok kanan atas browser.
  • Pilih opsi Setting -> Site Settings
  • Masuk ke dalam menu Pop-ups untuk memblokir munculnya pop-up pada browser tersebut. Pastikan ketika Anda keluar dari menu tersebut, tertera tulisan Blocked di bawah tulisan pop-ups.
  • Selesai. Pesan pop-up pun akan terblokir dari browser Chrome Anda.

Jika Anda ingin mengambil langkah pencegahan yang lebih lagi, Anda bisa mengaktifkan fitur Data Saver pada browser Chrome pada Android Anda. Ini dia caranya.

  • Masih dalam browser Chrome, buka tombol More yang terletak di pojok kanan atas.
  • Kemudian, pilih opsi Setting -> Data Saver.
  • Aktifkan mode Data Saver tersebut.

Fitur ini akan mengkompresi bagian-bagian pada halaman web yang tidak diperlukan pada perangkat mobile. Fitur ini akan membuat internetan jadi semakin lancar dan hemat, mengingat ponsel Anda tidak perlu lagi me-load iklan maupun animasi yang tidak diperlukan.

Masih saja melihat ada pesan pop-up yang muncul? Mungkin ada baiknya Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih ‘agresif’. Salah satu browser yang bisa Anda coba adalah Opera Browser maupun UC Browser. Selain gratis, browser ini juga memang sudah dilengkapi dengan fitur ad-blocker nya sendiri. Opera Browser dan UC Browser dapat diunduh melalui Google Play Store.