Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuat Apple Music Stations melalui Perangkat iOS, MacOS, dan PC

[Gambar: techspot.com]
Apple Music merupakan ‘jawaban’ dari Apple untuk Spotify dan Google Play Music. Layanan ini menawarkan pustaka musik yang sangat besar, dengan lebih dari 30 juta lagu yang tersedia untuk streaming dan download. Tidak hanya itu saja, Apple Music juga menghadirkan curated playlist, stasiun radi,  dan pustaka video klip musik yang beragam. Tapi, karena terlalu banyak pilihan musik yang diberikan, seringkali pengguna malah jadi bingung untuk menentukan apa yang harus didengarkan. Bukankah akan lebih baik jika penguna bisa menemukan musik berdasarkan lagu, album, atau artis yang disukai? Apple Music memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukannya, yaitu Apple Music Stations.

Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai fitur ini, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih dahulu perbedaan antara Apple Music Station dengan Apple Curated Playlist. Playlist pada umumnya fokus pada seorang artis, sebuah periode, genre, atau aktivitas. Mulai dari playlist untuk berolahraga hingga playlist yang berisi lagu-lagu hits tahun 60an. Sementara itu, Apple Music Station ini dijalankan sepenuhnya oleh algoritma Apple–tidak seperti curated playlist yang disusun oleh orang-orang.


Setelah tahu perbedaan antara curated playlist dan stations pada Apple Music, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk
membuat Apple Music stations pada perangkat iOS melalui aplikasi Music dan pada Mac / PC melalui iTunes.

Cara membuat Apple Music Stations pada iPhone dan iPad

Untuk membuat Apple Music Station sendiri pada iPhone atau iPad, inilah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Jalankan aplikasi Apple Music app. Pastikan Anda sudah sign in dengan Apple ID Anda.
  • Cari dan pilih lagu, album, atau artis yang Anda suka. Kemudian, klik ikon tiga titik untuk membuka menu. Biasanya, ikon ini terdapat pada menu Now Playing atau dapat diakses melalui 3D Touch pada iPhone 6s dan 7.
  • Pilih opsi Create Station. Kemudian, akan tampil daftar musik yang mirip dengan lagu, artis, atau album yang sebelumnya telah Anda pilih.
  • Sama seperti fitur Apple Music pada umumnya, Anda bisa melewat lagu, menambahkan lagu yang Anda suka pada pustaka musik Anda, dan sebagainya. Selain itu, jika Anda rajin memberi rating pada lagu dengan menggunakan sistem rating in-app, maka station Anda bisa lebih personal dan lebih mengetahui musik seperti apa yang Anda sukai.

Cara membuat Apple Music Stations pada Mac dan PC

Anda juga bisa membuat Apple Music Stations dengan mudah pada macOS dan Windows 10 melalui program iTunes. Caranya, cukup jalankan program iTunes, cari dan pilih artis, lagu, atau album yang Anda suka. Klik kanan pada pilihan Anda, kemudian klik Start Station. Station pun secara otomatis akan aktif.