Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuat Dokumen PDF dari kumpulan Files dengan Aplikasi iSkysoft PDF Editor Pro

Membuat dokumen terkadang menjadi hal yang merepotkan bila terdiri dari sekian ratus halaman dan terbagi hingga beberapa bab. Dengan aplikasi iSkysoft PDF Editor Pro Anda dapat dengan mudah menggabungkan beragam file dari format .docx; .jpeg; dan .pdf menjadi satu. Anda dapat menggunakan program ini untuk perangkat komputer Mac dan Windows.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikut:

Tutorial 1: Unduh Aplikasi iSkysoft PDF Editor Pro

Aplikasi yang dapat mengkonversi file PDF ini harus Anda unduh terlebih dahulu untuk dipasang di komputer. Bagi pengguna Windows silahkan undah di https://pdf.iskysoft.com/pdf-editor-6-pro-windows.html sementara pengguna Mac di https://pdf.iskysoft.com/pdf-editor-6-pro-mac.html. Produk ini tersedia dengan edisi berbayar sebesar kurang lebih $90/komputer. Namun Anda dapat mencari file ini di situs torrent atau mencobanya terlebih dahulu dengan klik ‘Free Trial’. Lalu pasang di komputer Anda.

Tutorial 2: Pelajari Fitur iSkysoft PDF Editor Pro

Fitur yang dimiliki iSkysoft PDF Editor Pro, antara lain menyunting file pdf (Edit PDF), mengkonversi file PDF ke format lain (Convert PDF), membuat file pdf (Create PDF), dan menggabungkan file pdf (Combine PDF).

Pengguna Windows dan Mac tidak perlu merasa pilih kasih, karena user interface yang dimiliki tidak memiliki perbedaan.

Setelah Anda membuka iSkysoft PDF Editor Pro, laman Home akan terbuka dan menampilkan beberapa fungsi dan fitur standar, seperti membuka dokumen, menggabungkan dokumen, mengubah format dokumen, dan mencari kata kunci dari dokumen tersebut.

Tutorial 3: Menggabungkan Dokumen

Untuk menggunakan fitur mengabungkan file, pada laman utama, klik ‘Combine PDF’. Melalui fitur ini, Anda dapat menggabungkan beberapa file dengan beragam format.

[Gambar: pdf.iskysoft.com]
Selanjutnya, setelah Anda masuk ke laman ‘Combine PDF’ klik pilihan ‘add file’. Anda akan langsung masuk ke penyimpanan file di komputer. Pilih file yang Anda ingin gabungkan menjadi satu PDF.


Tutorial 4: Kustomisasi Dokumen

Pengguna dapat mengatur penempatan file dengan cara klik pilihan ‘Up’ dan ‘Down’. Melalui fitur tersebut, Anda dapat mengatur urutan dokumen dari halaman pertama hingga terakhir.

Tutorial 5: Gabungkan Dokumen

 

Setelah Anda memastikan dokumen telah tersusun rapih dan benar, maka selanjutnya klik tombol ‘Combine’ yang terletak di pojok kanan. Setelah itu, pop up jendela muncul untuk menyimpan file tersebut. Pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan lalu klik ‘Save’.

Nah itu dia cara untuk menggabungkan file dengan aplikasi iSkysoft PDF Editor Pro. Selain fitur ini, tentu saja tersedia beberapa fitur lainnya berikut ini:

Tips 1: Menambahkan Halaman Kosong

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa lembar halaman pada halaman tertentu. Caranya cukup buka dokumen berekstensi PDF  lalu pilih halaman yang ingin disunting dan klik ‘Insert’ pilih ‘Blank Page’. Kemudian masukkan jumlah halaman kosong yang Anda inginkan.

Tips 2: Menghapus Halaman dari File PDF

Salah satu keuntungan lain dari aplikasi ini adalah pengguna dapat menghapus halaman tertentu pada file PDF. Caranya cukup dengan pilih halaman yang hendak Anda hapus lalu klik kanan dan pilih ‘Delete Page’. Atau pilih beberapa halaman dengan menekan tombol CTRL.

Jangan lupa selepas menyunting untuk menyimpan file PDF.

Tips 3: Memberikan Kata Kunci pada Dokumen

Anda dapat memberikan kata kunci untuk membuka dokumen PDF dengan cara klik ‘Protect’ yang terletak di pojok kanan lalu centang kotak ‘Require a password to open the document’ dan masukkan kata kunci yang diinginkan kemudian klik ‘OK’ untuk menyimpan perubahan.

Itulah beberapa tips dan kelebihan bila menggunakan aplikasi iSkysoft PDF Editor Pro.