Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuat Formulir Online dengan Google Forms

[Gambar: Tampilan formulir yang dibuat dengan Google Form]
Formulir merupakan sebuah hal yang rasanya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Pada satu titik di kehidupan Anda, pasti Anda pernah mengisi setidaknya sebuah formulir. Benar? Mulai dari formulir pendaftaran kerja, formulir berlangganan surat kabar, hingga formulir angket/survey penelitian. Dulu, aktivitas membagikan dan mengisi formulir ini cukup merepotkan karena harus dilakukan secara manual. Pembuat formulir akan mencetak formulir tersebut, kemudian membagikannya kepada orang yang membutuhkan. Setelah diisi, pengisi formulir akan memberikannya lagi kepada si pembuat, dan seterusnya.

Memasuki era modern ini, semua hal serba dilakukan secara digital. Tidak terkecuali aktivitas membagikan dan mengisi formulir. Salah satu tool yang bisa dimanfaatkan untuk membuat formulir adalah Google Forms. Layanan gratis ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuat formulir dalam bentuk apapun, kemudian membagikannya secara online pada orang-orang. Bagaimana cara menggunakannya? Mari langsung kita simak cara-caranya.

Membuat formulir online dengan Google Forms

  • Buka situs Google Forms (forms.google.com), log in dengan akun Gmail Anda agar hasil kerja bisa langsung dibackup ke dalam Google Drive Anda.
[Gambar: Pilihan template formulir pada Google Forms]
  • Untuk membuat formulir baru, Anda bisa memilih template formulir yang telah tersedia atau benar-benar memulai dari halaman kosong. Selanjutnya, Anda bisa mulai menambah-nambahkan item pada formulir Anda.

Menambahkan item pada formulir online pada Google Forms

Tersedia banyak item yang bisa Anda masukkan ke dalam formulir Anda, mulai dari pertanyaan hingg video YouTube. Berikut ini rupa-rupa item yang bisa Anda tambahkan.


  • Add Question. Tekan ikon plus (+) yang terletak di sisi kanan layar untuk menambahkan sebuah pertanyaan. Untuk kolom jawaban, terdapat berbagai opsi yang bisa Anda pilih, seperti: Short answer, Paragraph, Multiple choice, Checkboxes, Drop-down, dan lain-lain.
    • Anda bisa mengaktifkan opsi Required pada pertanyaan yang wajib diisi.
    • Jika menggunakan opsi multiple choice, Anda bisa mengarahkan kepada pengisi formulir untuk langsung menuju bagian pertanyaan tertentu tergantung pada jawaban yang dipilihnya.

  • Add Title and Description.Untuk menambahkan judul beserta deskripsinya, tekan ikon yang berupa dua huruf T.

  • Add Image. Selanjutnya, Anda juga bisa menambahkan gambar pada formulir tersebut dengan mengklik ikon foto. Terdapat opsi untuk mengunggah gambar, mengambil snapshot, memasukkan URL gambar, memasukkan gambar yang ada di album dan Google Drive, dan juga mencari gambar yang diinginkan di Google. Klik Select jika Anda sudah memilih gambar yang diinginkan.

  • Add YouTube Video. Tidak berhenti sampai gambar, Anda juga bisa melampirkan video YouTube ke dalam formulir. Anda bisa mencari video YouTube yang ingin dimasukkan atau tinggal ketikkan URL nya. Klik video yang dimaksud, kemudian tekan Select jika sudah.

  • Add SectionAnda bisa membagi formulir ke dalam dua bagian (atau lebih) yang berbeda, kemudian memberinya judul yang berbeda.

Mengatur penampilan formulir

Dalam hal ini, sebenarnya Anda diberikan pilihan yang relatif terbatas. Berikut ini pilihan kustomisasi yang bisa Anda terapkan pada formulir Anda:

  • Colour Palette. Anda bisa mengubah tampilan formulir dan menggunakan gambar atau kombinasi warna pilihan Anda sendiri dengan menekan ikon Colour Palette yang ada di kanan atas layar. Terdapat 15 pilihan warna yang bisa Anda pilih dan opsi untuk menggunakan gambar sebagai header formulir Anda.

Jika sudah selesai, Anda bisa melihat preview dari formulir Anda atau langsung menyimpannya dan membagikannya.